1.584 UMKM Sidoarjo Serap Dana Program Kurda Sayang Rp45,7 Miliar

1.584 UMKM Sidoarjo Serap Dana Program Kurda Sayang Rp45,7 Miliar Gus Muhdlor saat meninjau pameran produk UMKM di Alun-Alun Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1.584 pelaku di Kota Delta pada Desember 2020 hingga Juli tahun ini menerima manfaat program Kredit Usaha Rakyat Daerah (Kurda) yang Gemilang (Sayang). Total dana yang diserap mencapai Rp45.706.460.000,00.

Pemkab menggelar program tersebut dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Hingga Juli 2023, tercatat jumlah pemohon yang masuk sebanyak 312 debitur dengan plafon yang terserap sebesar Rp12,42 miliar, sedangkan subsidi dari APBD yang terserap sebesar Rp2,52 Miliar.

Setelah sukses pada 2020-2022 menyerap sebanyak 1.236 debitur dengan jumlah plafon Rp33,28 miliar, beserta subsidi yang terserap dari APBD yaitu sebesar Rp7,12 miliar, program ini diharapkan memberikan akses lebih mudah bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah () untuk mendapatkan dukungan finansial guna mengembangkan usaha mereka.

Bupati , Ahmad Muhdlor Ali, mengatakan bahwa Kurda Sayang merupakan wujud nyata komitmen pemerintah daerah untuk membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraan melalui sektor ekonomi.

"Melalui program Kurda Sayang, saya berharap dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di ," kata pimpinan daerah yang akrab disapa itu, Rabu (2/8/2023).

ketika meninjau pameran produk di halaman Kantor BPN

Ia menambahkan, program ini disusun dengan sangat cermat untuk memastikan bahwa kredit dapat diakses oleh berbagai sektor usaha dan tidak hanya terbatas pada beberapa jenis usaha tertentu. Persyaratan dan prosedur pengajuan Kurda Sayang juga dirancang agar mudah dipahami dan diikuti oleh para calon penerima kredit (pemohon).

"Dana APBD untuk program ini, kami bekerjasama dengan BPR Delta Artha sebagai penyalur dana. Sehingga nantinya pemohon yang akan mengajukan bisa langsung menuju ke BPR Delta Artha," beber alumnus FISIP Unair ini.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro , Edi Kurniadi mengatakan program Kurda Sayang sangat membantu karena bunga yang ditanggung hanya 3 persen. Padahal semestinya kewajiban bunganya sebesar 11 persen.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO