Asap Kebakaran Masuk Singapura, JK: Terserah Kalau Mau Protes

Asap Kebakaran Masuk Singapura, JK: Terserah Kalau Mau Protes Sejumlah petugas terus berusaha memadamkan api yang membakar kawasan hutan di Riau.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan bahwa asap kebakaran hutan di Riau yang dikabarkan sudah mencapai adalah hal yang wajar karena sangat dipengaruhi cuaca.

JK pun menyatakan terserah saja jika Pemerintah mau protes terkait hal ini, karena asap kebakaram hutan di Indonesia bukan kali ini saja terjadi.

"Ya selama kebakaran banyak dan kemudian ada angin ke utara begitu, ya pasti sampai . Kan tidak ada yang mau sampai , cuma kita tidak bisa kontrol angin kan. Bagaimana caranya kontrol angin?" kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (26/8).

"Ya terserah saja. Dia mau protes siapa? Mau protes angin?" imbuh JK.

Ia menuturkan, pemerintah sudah melakukan upaya maksimal dalam penanganan kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan Operasi Siaga Darurat yang menerjunkan banyak aparat dan armada untuk mendeteksi serta memadamkan api.

"Sudah di situ banyak helikopter, pesawat, ada orang. Semua upaya maksimum sudah dilakukan pemerintah Indonesia," ucap JK.

Sebagaimana diketahui, analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kemarin menunjukkan bahwa asap kebakaran hutan serta lahan di Riau terbawa angin ke arah timur-tenggara-timur laut hingga mencapai .

Pantuan udara dan satgas darat melaporkan, titik panas (hotspot) terbawa angin hingga mencapai .

"Berdasarkan analisis sebaran hotspot, arah angin, sebaran asap dari satelit dan kualitas udara menunjukkan bahwa asap di Riau terbawa angin ke arah Timur-Tenggara-Timur Laut hingga mencapai ," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Jumat (26/8).

Sumber: merdeka.com/rmol

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO