Ubhara Jalin Kerja Sama dengan India dan Thailand

Ubhara Jalin Kerja Sama dengan India dan Thailand ?Drs Suharto SH MHum, Rektor Ubhara. Foto:nisa/BANGSAONLINE


SURABAYA (bangsaonline) - Tahun depan, Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya tahun depan akan merintis pengiriman mahasiswa ke Belanda untuk mengikuti kerjasama Joint Degree atau Duale Degree, seperti yang telah dilakukan dengan India dan Thailand.

“Sekarang kita masih membuat rancangan kerjasamanya, ada beberapa universitas yang bisa diajak kerjasama, tetapi saya belum bisa menyebutkan,” kata Rektor Ubhara Surabaya Drs Suharto SH MHum usai membuka Seminar Opportunities To Study Abroad (Peluang Untuk Studi Luar Negeri) di Kampus Ubhara Surabaya kepada BANGSAONLINE, kemarin.

Ia mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir Ubhara serius mengembangkan kelas internasional guna memenuhi tuntutan peluang mahasiswa yang ingin studi keluar negeri. Mekanisme atau syarat bisa masuk program Joint Degree atau duale degree adalah mahasiswa sebelumnya mengajukan ke kampus, setelah itu dilakukan seleksi selama delapan semester.”Yang nilainya tertinggi akan kita kirimkan,” katanya.

Hingga saat ini sebanyak 127 mahasiswa Ubhara mendapatkan beasiswa ke luar negeri dari pemerintah.”Untuk yang Belanda kita akan menyesuaikan dengan jumlah beasiswa yang ditentukan pemerintah,” tuturnya.

Kepala Humas Ubhara, Muhammad Fadeli menambahkan, Ubhara serius bekerjasama dengan Thailand, India, dan rencananya akan berlanjut ke Belanda. “Kami ingin mahasiswa siap bersaing dengan orang asing, karena ternyata lulusan kami tidak kalah nilainya, bahkan ada yang IPK nya mencapai empat,” terangnya.

Ia menyebutkan, eksistensi Ubhara dalam pendidikan global dimulai sejak tahun 2010 dan kini telah mampu berbicara banyak dalam dunia Internasional. Aktifitas seminar Internasional, kuliah tamu, riset maupun pengabdian kepada masyarakat telah menjadi agenda tetap. Selain itu pengiriman mahasiswa, dosen ke luar negeri maupun pembelajaran dalam kelas internasional telah diikuti mahasiswa Ubhara yang mendapat beasiswa unggulan maupun mahasiswa dari luar negeri.

Kerjasama dengan perguruan tinggi di Thailand dan India telah berjalan dalam program joint degree, dual degree. Ubhara menjalin kerjasama Joint Degree dengan perguruan tinggi Velore Institute of Technology dan Dayananda Sagar Institut Bengalore India.

Pada kerjasama ini masing-masing yang beruntung adalah Efraim Yuli Prasetyo(20) asal Magelang, semeter enam jurusan teknik Elektro dan Sulung Jati Edro Waskito asal Mojokerto. Mereka mendapatkan uang biaya kuliah, penginapan, dan transportasi sebesar 6.600 Dollar AS selama dua sementer. Joint Gefree tidak mengeluarkan ijasah hanya sertifikat berupa keterangan jika mahasiswa ini telah menyelesaikan mata kuliah elektronika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO