Gandeng Kodim 0809, BPPKB Kota Kediri Gelar Pemasangan Kontrasepsi Gratis

Gandeng Kodim 0809, BPPKB Kota Kediri Gelar Pemasangan Kontrasepsi Gratis Para peserta saat melakukan registrasi

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - BPPKB (Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana) Kota Kediri bekerjasama dengan Kodim 0809/Kediri, mengadakan pemasangan alat/obat kontrasepsi gratis, Selasa (23/08) di RS Muhammadiyah Kota Kediri yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto.

Dalam kegiatan tersebut, 68 peserta yang sudah mendaftar diantar jemput langsung oleh 3 Koramil yang berada di wilayah Kota Kediri.

Kapten Inf Puguh Jatmiko yang mewakili Dandim Kediri mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun Pabung , sebelumnya ada 102 akseptor yang mendaftar pemasangan kontrasepsi gratis tersebut. Rinciannya 34 akseptor KB berasal dari Kecamatan Kota, 36 akseptor KB berasal dari Kecamatan Pesantren, dan 32 akseptor KB berasal dari Kecamatan Mojoroto. 

Namun dari jumlah tersebut, pada akhirnya menyusut hanya menjadi 68 orang, karena 34 orang lainnya menyatakan tidak sanggup dengan berbagai alasan tertentu. Mereka urung melakukan pemasangan kontrasepsi karena kurangnya persiapan mental atau psikologis.

Danramil Mojoroto, Kapten Inf Arifin Effendi menjelaskan, dari 68 akseptor KB tersebut, ternyata hanya 54 orang yang dilakukan pemasangan alat/obat kontrasepsi dengan rincian 41 orang di antaranya menggunakan KB jenis Implant dan 13 orang menggunakan KB jenis IUD. Sedangkan 14 orang lainnya dinyatakan tidak dapat mengikuti program KB tersebut, usai dinyatakan gagal test kesehatan oleh pihak tim medis.

Selanjutnya ke 54 orang yang telah menjalani program KB tersebut mendapat paket tambahan berupa makanan bergizi, dan minuman berprotein langsung BPPKB Kota Kediri.

Selain Danramil Mojoroto, acara ini juga dipantau langsung oleh Bati Tuud Koramil Kota, Peltu Endro Wibowo (mewakili Danramil Kota), dan Bati Tuud Koramil Pesantren Peltu Harianta (mewakili Danramil Pesantren). (*)

Sumber: Penrem 082/CPYJ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO