Program SLI untuk Menuju Ketahanan Pangan, Komisi V DPR RI Siap Kawal

Program SLI untuk Menuju Ketahanan Pangan, Komisi V DPR RI Siap Kawal foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Upaya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur dalam meningkatkan hasil produksi menunjukkan hasil yang positif. Terbukti hasil panen petani mengalami peningkatan hasil produksi.

Untung Merdijanto, Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi BMKG pusat mengungkapkan, berdasarkan hasil panen padi bersama, terjadi peningkatan hasil panen produksi hingga 15 persen.

Hasil ini setelah puluhan petani mengikuti sekolah lapang iklim (SLI) di Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng.

Ia menjelaskan, kegaiatan SLI tersebut untuk mempersiapkan sumber daya manusia, di mana petani Indonesia dikenalkan dengan sistem dengan cara modern, khususnya berkaitan dengan pemahaman informasi cuaca dan iklim.

"Artinya tidak konvensional lagi. Melalui SLI, para petani diberdayakan memahami dan memanfaatkan informasi dan prakiraan iklim secara efektif dalam kegiatan ," terangnya.

Setelah memiliki pengetahuan yang cukup terkait informasi cuaca dan iklim, petani bisa memilih jenis tanaman, waktu menanam, kapan harus memberikan pupuk, obat-obatan dan sebagainya, yang ujung-ujungnya berpengaruh terhadap produksi hasil panen.

"Bisa dilihat tadi, produksi panen meningkat hingga mencapai 15 persen, per hektarnya bertambah satu ton dibandingkan sebelum mereka menerapkan pengamatan iklim saat bertani," bebernya.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO