Sabtu, 19 Juni 2021 20:04

Pengurus NU Agar Bentengi Aqidah Warga Nahdliyin

Minggu, 18 Mei 2014 21:31 WIB
Editor: rosihan c anwar
Wartawan: muhammad syafii
Pengurus NU Agar Bentengi Aqidah Warga Nahdliyin
?Ketua PBNU, Syaifullah Yusuf saat menyampaikan sambutan pada resepsi Harlah NU di Jombang, Sabtu (17/5) malam.foto:muhammad syafii/BANGSAONLINE

Menurut Gus Ipul, tantangan Nahdlatul Ulama pada saat ini adalah membentengi pemahaman dan akidah warga Nahdliyin agar tidak mudah dimasuki faham-faham dari kelompok lain yang bersebarangan. Faham yang berseberangan tersebut bisa mengancam pandangan warga NU, baik dalam beragama maupun dalam kehidupan bernegara. "Ini penting agar kita selamat dalam beragama," tandasnya.

Pria yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur menjelaskan, usaha membentengi akidah warga NU dari serangan aliran dan faham dari kelompok lain bisa dilakukan dengan berbagai cara. ’’Sekarang ini aliran yang masuk bermacam-macam. Sehingga perlu digalakkan program-program untuk membentengi akidah, baik di keluarga, di masjid maupun di madrasah,’’ paparnya.

Selain membentengi akidah, Nahdlatul Ulama, tambah Gus Ipul, harus mulai menyentuh program-program kesehatan. Program lain yang juga harus digalakkan yakni dalam bidang keilmuan, baik ilmu agama maupun ilmu umum. Disamping itu, NU juga perlu meningkatkan program pemberdayaan ekonomi.

Gus Ipul juga menyinggung tentang peran strategis masjid dalam pergerakan Nahdlatul Ulama. Nahdlatul Ulama diharapkan bisa meramaikan masjid, baik untuk kegiatan keagamaan, kelimuan maupun sosial. "Masjid jangan hanya ramai saat (shalat) lima waktu saja. Ramaikan dengan diniyah dan kegiatan positif lainnya," ungkapnya.

BACA JUGA : 

Gaji Guru Saja Belum Layak: NU, Muhammadiyah, dan Ekonom Tolak Keras PPN Pendidikan

ISNU Bojonegoro Bakal Perkuat Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Sempat Ada yang Minta Tolong Dipilih, Ternyata Konvensi Capres NU 2024 Hoaks

Gus Ab Terpilih Kembali Sebagai Ketua PCNU Kota Kediri Secara Aklamasi

JOMBANG (bangsaonline) - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Syaifullah Yusuf, mengungkapkan pentingnya pengurus NU dari tingkat Cabang hingga Anak Ranting menggalakkan program-program yang bertujuan membentengi akidah. Hal itu disampaikan saat memberi sambutan dalam acara resepsi Harlah NU ke 91 Hijriyah di Masjid Jami' Jombang, Sabtu (17/5/2014) malam.

Sementara itu, sebelumnya, PCNU Jombang menggelar acara apel kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di alun-alun Jombang yang diikuti seluruh Badan Otonom (banom). lembaga dan lajnah NU. Kegiatan itu untuk menjelaskan posisi NU terhadap NKRI.

"Hingga usianya yang ke-91 ini, NU tetap setia terhadap tiga hal, yakni agama, negara, serta umat. NU mempunyai tujuan menegakkan syariat islam ala ahlussunah wal jamaah di NKRI. Bagi NU, NKRI merupakan keputusan final atau harga mati," jelas KH. Isrofil Amar, Ketua PCNU Jombang.

Terkait perhelatan Pemilihan Presiden 2014, Isrofil Amar menegaskan peran NU adalah turut menyukseskan hajatan tersebut. "Sebagai bagian dari warga negara, NU kami mempunyai kewajiban untuk mensukseskan program pemerintah, termasuk pilpres yang akan datang," jelasnya.

KH Isrofil Amar menegaskan, dalam perhelatan Pilpres 2014, NU tidak mengarahkan kepada warga NU agar memilih salah satu pasangan Capres-Cawapres. "NU tidak akan terlibat dalam dukung mendukung capres. Pilihan presiden kami serahkan kepada masing-masing warga NU," tandas dia.

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...