Gus Najih tetap Menolak Islam Nusantara

Gus Najih tetap Menolak Islam Nusantara KH Muhammad Najih Maimoen (Gus Najih). foto: mosleminfo

MALANG, BANGSAONLINE.com - Seminar nasional yang digelar PWNU Jatim dan PCNU Kota Malang yang merumuskan Islam Nusantara Rahmatan lil 'Alamin (RLA) mendapat reaksi dari KH Muhammad Najih Maimoen (Gus Najih), pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar Rembang Jawa Tengah sekaligus putra KH Maimoen Zubair sesepuh PPP. Gus Najih yang diundang PWNU Jatim untuk menjadi pemakalah, dari awal hingga pasca seminar menolak dengan tegas rumusan Islam Nusantara dari PBNU pimpinan KH Sa'id Aqil Siraj.

Menurut dia, rumusan itu mengarah pada penyesatan opini publik. Apalagi Islam Nusantara tersebut dicetuskan dan didakwahkan oleh tokoh-tokoh yang sudah dikenal berpaham liberal bahkan Syi’ah. Gus Najih khawatir gerakan Islam Nusantara itu menjadi gerbong besar liberalisasi dan syiahisasi bagi umat Islam Idonesia.

Seminar nasional Islam Nusantara di Universitas Negeri Malang (UM) itu berlangsung Sabtu (13/02) lalu. Namun kemarin muncul kembali reaksi keras dari Gus Najih karena Dul Hamid atau Gus Hamid menulis di muslimmoderat.com dan online NU.or.id bahwa Gus Najih mendukung Islam Nusantara dalam seminar yang digelar di Malang Jawa Timur itu.

Gus Najih terkejut melihat berita itu karena merasa pendapatnya telah dipelintir. Gus Najih sendiri diundang panitia karena selama ini dianggap sebagai tokoh NU yang menolak Islam Nusantara.

Terpisah, Dr. KH Isroqun Najah selaku Ketua PCNU Kota Malang menegaskan bahwa Islam Nusantara Rahmatan lil 'Alamin merupakan pengejawantahan ajaran para Wali Songo jaman dahulu, yang direkonstruksi ulang pada jaman sekarang dalam keberagaman keagamaan yang ada di nusantara.

”Di sisi lain, budaya lokal senantiasa dijadikan sarana media dakwah untuk pengembangan Islam di Nusantara, dengan catatan tidak memaksakan kehendak akan niatan dan tujuannya," ucap putra KH Masduqi Machfud, Pengasuh PP Nurul Huda Mergosono Malang itu. (iwa/thu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO