Peserta Personel Bantu Satpol Gresik Jalani Tes Fisik

Peserta Personel Bantu Satpol Gresik Jalani Tes Fisik Personel bantu Satpol PP dites fisik. (ft: syuhud/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com-Sebanyak 277 peserta personel bantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) menjalani tes fisik di halaman , Rabu (10/2). Tes fisik tersebut dilakukan setelah mereka lolos seleksi administrasi dan tes kesehatan.

“Kami telah melakukan seleksi administrasi pada tanggal 5 Februari lalu, setelah seleksi administrasi, peserta menjalani tes kesehatan. Peserta yang lolos pada tes kesehatan, Rabu(10/2), menjalani tes fisik. Ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan fisik para peserta, setelah itu, baru dilakukan Tes Potensi Akademik (TPA),” ujar Kasi Ops Satpol PP , Agung Endro.

Menurut Agung, tes fisik tersebut meliputi lari keliling lapangan minimal 7 putaran dalam waktu 12 menit, shit up, push up dan shuttle run (lari angka 8). Agung menjelaskan, bahwa seleksi dilakukan dengan sistem gugur. Dalam setiap tahapan, peserta yang tidak lulus akan gugur dan tidak dapat mengikuti tes selanjutnya.

Selain itu, seleksi juga dilakukan secara obyektif dan transparan. “Yang kami butuhkan adalah petugas yang profesional, oleh sebab itu proses seleksi penerimaan Satpol PP dilakukan secara obyektif, maka kami juga melibatkan BKD dan Dinkes dalam pelaksanaan seleksi kali ini,” jelas Agung.

Sementara Kasat Pol PP, Drs. Darmawan ketika ditanya mengenai penempatan dan gaji, menjelaskan terkait penempatan, pihaknya masih mempersiapkan dan berkoordinasi dengan SKPD terkait.

Terkait gaji, mereka akan mendapatkan honor yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi (Tusi) SKPD masing-masing dengan membuat perjanjian kontrak dan laporan kegiatan tiap bulan.

Selain itu, mereka juga menandatangani perjanjian kontrak untuk tidak menuntut diangkat menjadi PNS. Sehingga, nantinya mereka yang sudah diterima dan siap bekerja dapat mendukung kuantitas dari personel yang sudah ada.

“Kami berharap dengan penambahan personel ini, kinerja lebih meningkat dan siap melaksanakan tugas pokok dan fungsi untuk menegakkan Perda. Selain itu kami berupaya agar mereka dapat bekerja secara profesional namun tetap humanis,” pungkas Darmawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO