10 Daerah di Jatim Raih Nilai Sakip B

10 Daerah di Jatim Raih Nilai Sakip B HM. Anton, Wali Kota Malang, ketika memaparkan Sakip di hadapan Men-PAN RB Yuddy Chrisnandi, di gedung Grahadi Surabaya.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 10 kabupaten/kota di Jatim memperoleh nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (Sakip) B, salah satunya adalah Kota Malang. Wali Kota Malang, HM Anton dan Bupati Tulungagung memberi presentasi di hadapan Men PAN-RB Yuddy Chrisnadi, Gubernur Jawa Timur dan bupati/walikota seluruh Jatim dan Sulawesi atas raihan ini.

Dalam paparannya di gedung negara Grahadi Surabaya, Wali Kota HM Anton menyampaikan, keberhasilan Kota Malang merupakan wujud komitmen untuk terus berbenah, hingga terbangun sebuah sistem serta etos pelayanan publik yang baik di Pemerintah Kota Malang.

Sementara itu, Yuddy Chrisnandi, dalam arahannya menekankan, poin penting peniliaian Sakip adalah komitmen Pimpinan dan langkah langkah inovasi kepala daerah. Sebanyak 50 persen skoring, ditentukan komitmen Kepala Daerah dalam melakukan perubahan tata kelola pemerintahan yang taat azas.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo turut mengkritisi kriteria evaluasi kinerja pemerintahan. Selama ini difokuskan pada serapan anggaran.

“Serapan uang tidak selalu lurus dengan serapan proyek. Hal ini disebabkan pola pikir rekanan yang cenderung ingin melakukan pencairan pada termin 1 atau termin akhir. Sehingga terkesan, pada triwulan 2 dan 3 kegiatan kurang berjalan dengak baik. Realitanya, proyek atau pekerjaan terus berjalan dan bergerak, namun karena tidak ada pencairan anggaran, maka ketika dinilai dan dievaluasi, seakan tidak ada progress. Kalau ini yang dijadikan tolak ukur, bisa menyesatkan, sekaligus menggambarkan kinerja SKPD kurang maksima," tandas Seokarwo.

Dalam kesempatan tersebut, selain pemaparan, yang menghadirkan sekian banyak Kepala Daerah se-wilayah Sulawesi dan Jawa Timur, juga diisi dengan penilaian terhadap kota atau kabupaten. Yang mendapatkan nilai C ada 19 kota/kabupaten, skor CC ada 10 kota/kabupaten, skor B ada 10 daerah di Jatim salah satunya Kota Malang, Kota Surabaya, Kabupaten Bojonegoro, Kota Madiun, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Banyuwangi. Di tingkat provinsi, yang meraih skor A adalah Jawa Timur dan DIY Jawa Tengah. (iwa/thu/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO