Dewan Kota Probolinggo Disambati Warga Langganan Banjir

Dewan Kota Probolinggo Disambati Warga Langganan Banjir Banjir di Probolinggo. foto: ilustrasi

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Warga Jl Sunan Ampel RT 2 RW 3 dan warga RT 2 RW 8 Kelurahan Jrebeng Lor Kecamatan Probolinggo Kota Probolinggo mendatangi dewan setempat, kemarin. Hal ini dilakukan lantaran mereka sudah sering sambat pada dinas terkait upaya pengerukan sungai yang melintas di perkampungannya agar tidak kebanjiran, tetapi tak pernah digubris.

"Sambatan warga selalu masalah banjir. Kami sudah menyampaikan ke dinas terkait, PU dan BPPD juga sudah," jelas Samsul Arifin, anggota Komisi C DPRD Kota Kediri, Senin (1/2).

Dijelaskan Samsul, faktor meluapnya air sungai sehingga banjir selain disebabkan sedimentasi sungai juga perilaku warga yang membuang sampah ke sungai. Selain itu, lanjut Samsul, warga membuang sampang sembarangan karena beralasan tidak ada tempat pembuangan sampah. "Mereka sadar dan mengakui kalau buang sampahnya ke sungai. Karena kesadaran sudah ada, tinggal difasilitasi saja tempat pembuangan sampahnya (TPS). Warga juga minta dibuatkan itu (TPS)," terang Samsul.

Ditambahkan, normalisasi sudah pernah dilakukan pemerintah tapi belum menyentuh ke perkampungan. Semestinya normalisasi berupa pengerukan itu, dilakukan dari hilir sampai hulu.

"Hanya sebagian saja. Dan normalisasinya sebatas bersih-bersih sampah yang dibuang warga. Menurut saya, harus tuntas sekalian. Pengerukan dan penyediaan tempat sampah bagi warga lingkungan," terang politisi Demokrat dua periode ini.

Sedangkan Kabid Pengairan DPU Kota Probolinggo, tak berhasil dimintai keterangan. Meski nomor ponselnya tersambung, namun tidak diangkat. (ndi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO