5 Komplotan Pencuri Semen di Kediri Diringkus

5 Komplotan Pencuri Semen di Kediri Diringkus Para pelaku saat diamankan di Mapolsek Purwoasri. foto: dendi martoni/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - DDS (17) warga Kecamatan Purwoasri, Dwi Yuli Hariyanto (28), Ferdian (28), Abdul Ajis (28) warga Desa Kempleng Kecamatan Purwoasri dan Iswanto alias Hidro (42) warga Desa Mranggen Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, Jumat (21/1) menjalani pemeriksaan di Mapolsek Purwoasri. Pasalnya kelima komplotan ini kepergok mencuri 8 sak semen milik PT Varia Usaha.

Informasi yang dihimpun, penangkapan komplotan pencuri sak semen ini bermula dari laporan Teguh (32), sopir truk gandeng sak semen.

Pasalnya, semen yang diangkut di truk miliknya yang diparkir di Sub Terminal Mranggen Purwoasri hilang. "Korban saat mengecek semen yang diangkut hilang dan terpalnya berserakan. Setelah itu langsung melapor ke Polsek," tutur Kasi Humas Polsek Purwoasri Aiptu Budi Santoso.

Petugas yang melakukan penyelidikan, akhirnya meringkus DDS kernet sopir. DDS yang saat itu berada di terminal itu diringkus petugas dan digelandang ke Polsek Purwoasri. "Kami mencurigai kernetnya. Dan ternyata benar yang mencuri kernetnya sendiri. Karena kernetnya itu pernah mencuri," ungkapnya.

Saat diinterogasi petugas, ua mengaku melakukan pencurian itu bersama tiga temannya dan dijual ke penadah. Petugas yang tak ingin pelaku lainnya kabur langsung meringkus teman DDS yakni Dwi Yuli Hariyanto, Ferdian, Abdul Ajis dan Iswandi penadahnya. "Kami melakukan pengembangan dan keempat pelaku berhasil kita ringkus di rumahnya masing-masing," jelas Aiptu Budi.

Sementara itu, barang bukti 8 sak semen dan 2 unit sepeda motor sebagai sarana mengangkut barang curian diamankan di Polsek Purwoasri. "Korban mengalami kerugian ditaksir hampir Rp 1,5 juta. Akibat dari perbuatan pelaku. Mereka terkena pasal 363 KUHP dan 460 KUHP," pungkasnya. (den/rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO