Senin, 19 Agustus 2019 11:35

PT KAI Resmi Luncurkan Kereta 'Rumah Sakit', Pertama di Indonesia

Senin, 14 Desember 2015 00:36 WIB
PT KAI Resmi Luncurkan Kereta
FASILITAS: Sejumlah fasilitas yang ada di dalam Rail Clinic. foto: antara

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) secara resmi telah meluncurkan kereta kesehatan pertama di Republik Indonesia (RI) yang dinamai Rail CliniC, di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (12/12) kemarin. Peresmian ini juga dibarengi dengan pemecahan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) karena ini merupakan kereta kesehatan yang pertama di Indonesia.

Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengungkapkan pembuatan Rail Clinic ini didasari kondisi demografis dan minimnya fasilitas kesehatan di wilayah terpencil. Karena itulah, Indonesia butuh fasilitas kesehatan di kereta.

"Pembuatannya ini 70 hari. Untuk jalankan ini kita butuhkan kru teknis 4 orang, dokter perawat 10 orang," kata Edi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (12/12) dilansir dari liputan6.com.

Edi menyadari saat ini di beberapa wilayah yang dilalui jalur kereta belum tentu memiliki fasilitas kesehatan. Untuk itu, diharapkan dengan adanya kereta 'rumah sakit' ini, masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan yang dilalui jalur KA bisa mendapatkan fasilitas ini.

Pengoperasian Rail Clinic ini nantinya sesuai dengan misi-misi sosial yang dilakukan perusahaan. Pertama kali, kereta kesehatan ini akan dioperasikan di Wojo, Kulon Progo, Yogyakarta. "Ini baru satu, nanti kita akan targetkan punya 4 Rail Clinic. Dua kita operasikan di Jawa dan 2 di Sumatera," tegasnya.

Rail Clinic hanya dikerjakan dalam waktu 1 bulan. Rail Clinic ini sebelumnya KRD yang dioperasikan di wilayah DAOP 2 Bandung. Mengingat kereta tersebut sudah tidak cukup tangguh untuk menjalani rute di wilayah Jawa Barat, maka dilakukanlah modifikasi.

Rail Clinic ini hanya terdiri atas 2 kereta di mana kereta pertama di-setting sebagai ruang pelayanan, mulai dari pemeriksaaan umum hingga pemeriksaaan gigi dan mata. Sementara kereta kedua digunakan sebagai kamar-kamar yang bisa digunakan untuk beristirahat layaknya di rumah sakit.

Untuk membuat kereta kesehatan ini, PT KAI menggelontorkan dana sekira Rp1,5 miliar.

Dana sebesar itu menurut Edi Sukmoro, bukan untuk membeli gerbong khusus, namun untuk menempatkan perangkat kedokteran dan kesehatan yang terdapat di dalam rangkaian gerbong kereta. Rail Clinic sendiri dijelaskan bisa melayani perawatan gigi, operasi hingga perawatan pasien lainnya.

"Tidak ada kereta baru untuk Rail Clinic ini. Cuma memang kita lakukan renovasi dan pembenahan gerbong kereta yang tersedia. Semua dana terkucur untuk peralatan di dalamnya senilai Rp1,5 Miliar," jelasnya di Jakarta, Sabtu (12/12)

Nantinya di dalam Rail Clinic tersebut, Dia menerangkan berbagai kegiatan kesehatan bisa dilakukan. Bahkan operasi kecil seperti operasi gigi dan operasi mata kecil bisa dilakukan. "Jadi nantinya tidak hanya untuk perawatan dan pemeriksaan biasa saja. Operasi kecil juga bisa, bahkan untuk yang ibu bersalin juga bisa dilakukan di sini," lanjutnya.

Rencananya, Rail Clinic ini akan beroperasi pada 19 Desember dengan tujuan pertamanya adalah Wojo Yogyakarta. Sebelum tanggal itu, pihaknya akan terlebih dahulu sounding ke masyarakat mengenai layanan ini. "Sebelum tanggal itu, pokoknya kita woro-woro dulu ke masyarakat di sana," pungkasnya. (lp6/rev)

Sumber: liputan6.com
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...