Ikuti Proses Bikin Cerutu, Destinasi Wisata Unik di Jember

Ikuti Proses Bikin Cerutu, Destinasi Wisata Unik di Jember Pegawai sedang malakukan packing cerutu. Berkelas. foto: devi fitri afriyanti/BANGSAONLINE

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Jember mempunyai destinasi wisata unik, yaitu melihat proses pembuatan cerutu. Tepatnya di Pabrik cerutu Boss Image Nusantara (BIN), yang terletak di Desa Jubung, Sukorambe.

Ditambah promosi lewat situs milik BIN bincigar.com, juga melalui situs Dinas Pariwisata Jember, jembertourism.com, gaung BIN mulai mendunia.

Setidaknya, pabrik yang berupa CV ini, sudah dikunjungi mahasiswa Philipina, dan beberapa berguruan tinggi asal Indonesia. "Jika ada wisman yang datang ke Kantor Dinar Pariwisata, nama BIN pasti disebut, dan disandingkan dengan ke Pantai Pasir Putih Malikan atau Papuma, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, " kata Imam Wahid Wahyudi, Direktur Operasional BIN.

Dia menceritakan keunikan pembuatan cerutu, dibanding pembuatan rokok sigaret. Sigaret diberi racikan saos dan cengkeh, sementara cerutu natural tembakau. Yaitu, mengandalkan racikan perpaduan antar tembakau sendiri. "Misalnya tembakau A dipadukan dengan tembakau B menghasilkan taste tertentu. Jadi secara kesehatan tidak ada adiktif, tidak ada yang ditambahi," kata dia.

Setidaknya, upaya keras BIN adalah sebagai bentuk jawaban kongkret bahwa Jember merupakan kota tembakau. Maka, BIN dibentuk tahun 2011 lalu. ”Ya agak aneh, kota tembakau tapi tidak ada produk tembakau, yang didominasi produk Eropa. Untuk itu, BIN dibangun. Kita coba meningkatkan nilai tembakau di Jember, menjadi lebih tinggi secara brand maupun edit valuenya."

Cerutu asaj Jember ini, mencoba mengepakkan sayap, merambah pasar Eropa. Untuk sementara, permintaan mengalir dari Turki. "Memang nilai ekspornya kecil, tapi kita terus penetrasi pasar eropa dengan melakukan negosiasi di berbagai negara," tandas dia. "Yaitu, pasar Polandia, Jepang, Turki, Moldova," tambah dia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO