Jumat, 21 Februari 2020 16:57

UNP Kediri kembali Aktif, Ribuan Mahasiswa Sujud Syukur

Selasa, 10 November 2015 14:17 WIB
UNP Kediri kembali Aktif, Ribuan Mahasiswa Sujud Syukur
AKHIRNYA: Para dosen dan mahasiswa UNP Kediri saat melakukan sujud syukur usai kampusnya kembali aktif. foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ribuan mahasiswa Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri, melakukan sujud syukur, menyusul diaktifkannya kembali status kampus oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti). Acara sujud syukur tersebut berlangsung di halaman parkir Kampus UNP di Jalan KH. Achmad Dahlan Kota Kediri, Selasa (10/11).

"Tujuh bulan lamanya status kita nonaktif. Sejak tanggal 9 April lalu hingga 9 November ini. Alhamdulillah Dikti akhirnya mengaktifkan kembali status kampus UNP Kediri,” kata rektor UNP Kediri doktor Sulistyono, Selasa (10/11).

Sedikitnya ada empat syarat yang telah dipenuhi pihak UNP, dalam upaya mengaktifkan kembali kampus. Di antaranya, pergantian manajemen, moratorium penerimaan mahasiswa dan validasi data mahasiswa serta dosen, kemudian surat pernyataan pihak UNP untuk melaksanakan perkuliahan. Syarat tersebut berdasarkan rekomendasi yang diminta Dikti.

"Sesuai rekom DIKTI ada syarat pergantian managemen dan itu sudah kita laksanakan, pada 12 Agustus lalu. Kemudian moratorium penerimaan mahasiswa baru tahun 2015 dan validasi data mahasiswa dan dosen, itu juga sudah kita laksanakan," jelas Sulityono.

(Baca juga: UNP Kediri Nonaktif, Ribuan Mahasiswa Demo, Rektor Pilih Mundur)

Dari ketiga syarat utama yang diminta Dikti, kata rektor baru UNP Kediri itu yang paling sulit yaitu validasi data mahasiswa dan dosen. Sebab, untuk dosen terkendala kebutuhan dosen fakultas Tehnik, karena belum tercukupi. Tehnik yang dimaksud antara lain, Tehnik informatika, mesin dan industri.

(Baca juga: UNP Kediri Dinonaktifkan,Tercatat Rasio Satu Dosen Ajar Ratusan Mahasiswa)

“Data setelah divalidasi di PDPT Dikti jumlah mahasiswa 17.682 orang. (tidak termasuk tahun 2014). Setelah divalidasi (Dikti minta mahasiswa fik lakukan registrasi). Diperingan lagi hanya membayar 750 ribu, itu pun masih banyak yang belum membayar. Kemudian Diperingan dengan membuat surat pernyataan. Ternyata jumlah mahasiswa total hanya 13.058,” terang Sulistyono.

Diungkapkan Sulityono, pada tahun 2014 mahasiswa yang sudah masuk belum didaftarkan. Hal itu dikarenakan status UNP telah dinonaktifkan. Pada tahun itu, jumlah mahasiswa yang mendaftar sekitar 2.800 mahasiswa.

Dengan validasi yang sudah dilakukan oleh pihak rektorat UNP, kini rasio perbandingan antara mahasiswa dengan dosen telah sesuai. Sementara khusus untuk dosen Tehnik, pihak Dikti akan menyediakan kebutuhan dosen untuk kampus.

Menyambut kabar tersebut, ribuan mahasiswa UNP dari seluruh fakultas melakukan sujud syukur. Sujud dilaksanakan juga oleh para rektorat dan pihak yayasan. (rif/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...