Peringati Tahun Baru Islam, Wali Kota Probolinggo Lepas Pawai 1 Muharram

Peringati Tahun Baru Islam, Wali Kota Probolinggo Lepas Pawai 1 Muharram Wali Kota Rukmini saat melepas pawai Muharram. foto: andi/BANGSAONLINE

KOTA PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Momentum 1 Muharram atau Peringatan tahun baru Islam mendapat sambutan istimewa Pemerintah Kota Probolinggo. Dalam momen itu, Pemkot menggelar Pawai Muharram yang dibuka langsung Walikota Probolinggo, Hj. Rukmini SH. MSi, Selasa (13/10) kemarin di depan kantor Walikota setempat.

Dalam momentum tahun baru itu, Walikota perempuan pertama ini mengimbau perayaan tahun baru itu dapat dijadikan momen untuk hijrah dari perilaku negatif yang selama ini marah sekali aksi-aksi anarkis dan perbuatan yang cenderung melecehkan bahkan menghina orang lain.

Kegiatan pawai muharram itu cukup meriah sekali. Mengambil start di depan kantor Walikota dan finis di alun-alun setempat. Pawai itu sendiri, diikuti sebanyak 4.000 murid RA, MI, MTs dan MA Se-Kota Probolinggo. Selain walikota, tampak hadir Forpimda, Sekdakot Jhony Haryanto serta pejabat di lingkungan Pemkot setempat.

Walikota Rukmini dalam sambutannya mengatakan jika momentum peringatan tahun baru Islam dapat memberikan nilai positif pada kita untuk berbenah dari perbuatan yang buruk ke perbuatan yang baik. Sehingga, dapat memberikan manfaat kepada orang lain, terutama yang ada di sekitar kita. "Mari merubah perilaku kita untuk digunakan pada hal yang baik-baik," tegas Rukmini.

Apalagi, menurutnya peringatan 1 Muharram ini menunjukkan jati diri umat Islam. Nilai tahun baru Islam mengajak umat untuk terus introspeksi dan memperbaiki diri, serta meningkatkan ibadah.

“Nabi Muhammad pernah mengatakan orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin. Semoga kita termasuk orang yang beruntung. Peristiwa Hijriyah bermula saat Nabi Muhammad hijrah dari Makkah ke Madinah. Kita semua harus meneladani sifat Rasulullah,” kata Walikota.

Walikota Probolinggo berpesan agar orang tua mengawasi anak-anaknya. Pasalnya, isi internet yang kurang baik bisa mempengaruhi perilaku anak. orang tua wajib mengarahkan kegiatan anak pada kegiatan positif, seperti mengaji dan membaca.

Dalam Pawai Muharram ini ribuan pelajar peserta pawai mengenakan busana muslim, jubah, pakaian adat, hingga pakaian ihram. Mereka juga menampilkan atraksi drum band, hadrah dan kesenian musik . Dimulai pukul 12.30, pawai selesai pada pukul 16:00. (ndi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO