Melihat Gunung Kura-kura di Alas Ongakan Desa Besowo Kediri

Melihat Gunung Kura-kura di Alas Ongakan Desa Besowo Kediri Panorama gunung yang mirip Kura-kura di Dusun Besowo Timur, Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. foto: dendi martoni/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Alas Ongakan yang berada di Dusun Besowo Timur, Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, ternyata menyimpan keindahan panorama sendiri. Apabila anda berkunjung ke dusun tersebut, anda akan disuguhi gunung unik berbentuk hewan kura-kura. Gunung yang mirip kura-kura itu tak jauh dari perbatasan Kabupaten Malang dan sangat dekat Gunung Kelud. Anehnya, gunung yang mirip kura-kura ini diketahui paska-erupsi Gunung Kelud tahun lalu.

"Saya sering main ke alas ongakan. Tapi belum pernah tahu ada gunung yang mirip kura-kura. Tahunya, baru satu tahun ini ada gunung seperti kura-kura," jelas Kasun Besowo Timur, Itarya Siswana Kristiana Wibawa.

'Kura-kura' ini menghadap ke selatan dan tampak seperti berjalan lengkap dengan tempurungnya.

Tak jauh dari gunung kura-kura, hampir 200 meter ada gunung gajah mungkur (gajah membelakangi). Selain itum menurut Itarya, ada juga gunung yang mirip piramida serta air terjun. "Alas ongakan ini dekat dengan gunung kelud. Dan dulu pernah diukur melalui GPS antara gunung kelud dengan alas ongakan hanya 650 meter," tutur Itarya.

Lanjut Itarya, untuk menempuh ke alas ongakan ini, dapat dicapai dari Kantor Kecamatan Kepung menuju Desa Besowo yang jaraknya sekitar 7 kilometer. Kemudian dari kantor desa Besowo menuju ke alas ongakan sekitar 8 kilometer. "Kalau sudah masuk dusun Besowo Timur menuju alas ongakan 4 kilometer," paparnya.

Alas ongakan sendiri menurut Itarya, dulunya sangat rimbun. "Di bawah ini ada aliran kahar. Dulu alas ini sangat rimbun untuk melihat aliran kahar saja harus mengintip. Ya itulah yang dinamakan alas ongakan," terangnya.

Sayangnya keindahan panorama alam alas ongakan belum diketahui banyak orang. Selain itu, alas ongakan juga belum ditangani oleh pihak Pemerintah Kabupaten Kediri. "Ya yang datang orang sekitar sini saja mas," tandasnya. (kdr1/rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO