Nobar Film Battle of Surabaya, Tanamkan Nilai Perjuangan

Nobar Film Battle of Surabaya, Tanamkan Nilai Perjuangan Wawali Surabaya Whisnu Sakti Buana di antara peserta nobar. (lan/BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana menggelar acara nonton bareng “Battle of Surabaya bersama ratusan siswa SMA Negeri 1, 2, 5 dan 9 (SMA Komplek) di Surabaya Town Square (Sutos), Rabu (26/8) .

Whisnu mengatakan, film yang bercerita tentang perjuangan di Surabaya tersebut diharapkan menjadi kebanggaan masyarakat. Pasalnya, selain diakui dunia, karena diproduksi oleh pembuat film internasional “Walt Disney”, juga mengenalkan sejarah perjuangan di Surabaya.

“Dengan adanya film ini, pemuda sebagai generasi penerus bangsa punya kebanggaan, sebgai anak bangsa yang melanjutkan perjuangan,” terangnya.

Pria yang akrab disapa WS ini mengatakan, banyak nilai perjuangan dan sejarah di Surabaya yang patut diteladani, di antaranya bagaimana pemuda Surabaya tak mengenal menyerah dengan kondisi apapun berjuang mempertahankan kemerdekaan.

Ia mengungkapkan, peristiwa yang belum pernah diungkap dalam sejarah saat pertempuran mempertahankan kemerdekaan RI, di mana pertama kalinya terjadi di Surabaya, 19 September 1945 yang dikenal dengan insiden Hotel Oranye.

“Pertempuran pertama kali dalam mempertahankan kemerdekaan terjadi di Hotel Oranye yang kemudian berlanjut ke peristiwa 10 Nopember,” jelas Alumni SMA Negeri 9 Surabaya ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO