M. Tabrani, Wartawan Asal Madura yang Ditetapkan sebagai Pahlawan juga Warga NU

M. Tabrani, Wartawan Asal Madura yang Ditetapkan sebagai Pahlawan juga Warga NU Dr Ami Primarni saat menerima potongan tumpeng dari Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, dalam acara tasyakuran di Kantor Bapengda Pemprov Jatim Jalan Pasuruan 16-20 Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2013). Tampak juga Nyai Hj Alif Fadhilah, istri Kiai Asep, juga menyaksikan. Foto: M Mas'ud Adnan/BANGSAONLINE

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Sebanyak 6 tokoh nasional ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Diantaranya Mohammad Tabrani Soerjowitjirto yang populer dengan nama . Pria asal Pamekasan Madura itu berprofesi sebagai wartawan atau jurnalis.

“Ayah saya lebih banyak sebagai wartawan,” kata Dr Ami Primarni, putri , saat tasyakuran di Kantor Badan Penghubung Daerah (Bapengda) Pemprov Jawa Timur Jalan Pasuruan 16-20 Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2023).

Dalam acara tasyakuran itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyajikan dua tumpeng. Satu tumpeng untuk . Satunya lagi untuk KH Abdul Chalim, ayahanda Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, yang juga ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Pantauan BANGSAONLINE, di lobbi Bapengda Pemprov Jatim juga dipajang foto Kiai Abdul Chalim dan .

Ami Primarni juga bercerita bahwa kiprah dan perjuangan dalam kemerdekaan RI juga kapasitas sebagai wartawan.

Yang menarik, di depan Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, Ami Primarni juga mengatakan bahwa ayahnya, juga . “Keluarga kami banyak yang NU,” kata putri bungsu yang berprofesi sebagai dosen.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE, salah satu jasa menonjol terhadap bangsa dan negara Indonesia adalah gagasannya tentang Kongres Pemuda. Pejuang yang alumnus University of Cologne Jerman itu dikenal sebagai penggagas Kongres Pemuda yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda.

Tabrani juga penggagas bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Gagasan Tabrani ini berbeda dengan pendapat Moh. Yamin yang mengusulkan bahasa persatuan adalah bahasa Melayu.

Dan – seperti kita ketahui – pendapat yang diterima para pemuda. Sehingga narasi dalam Sumpah Pemuda termaktub: “Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO