Khofifah Imbau Seluruh Jajaran Muslimat NU Baca Qunut Nazilah bagi Warga Palestina

Khofifah Imbau Seluruh Jajaran Muslimat NU Baca Qunut Nazilah bagi Warga Palestina

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Imbauan kepada seluruh jajaran Muslimat NU di semua lini untuk membaca doa Qunut Nazilah bagi keselamatan warga Palestina disampaikan Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa. Menurutnya, ini merupakan bentuk dukungan bagi warga Palestina yang sedang menghadapi cobaan berat agar mereka dapat terhindar dari musibah kemanusiaan.

Himbauan ini diutarakan Khofifah saat menyerahkan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk masyarakat Gaza Palestina dari Muslimat NU. Bantuan berupa uang sebesar Rp766,5 juta tersebut diserahkan lewat Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PBNU.

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Habib Ali Hasan Al Bahar selaku Ketua LAZISNU PBNU di lantai 8 Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Jalan Kramat Raya Nomor 164, Senen, Pusat, Senin (6/11) sore.

"Kali ini memang sudah sangat emergency untuk membacakan Qunut Nazilah. mudah-mudahan Allah menurunkan seluruh kemudahan-kemudahan, anugerah kekuatan dan pertolongan yang luar biasa," katanya.

"Bahwa saudara kita di Palestina hari ini telah mengalami ujian yang sangat berat serta perlakuan yang sangat biadab dan itu membutuhkan tangan-tangan kuat untuk bisa menghentikan," tegasnya.

Khofifah mengatakan, Nahdlatul Ulama (NU) sejak 1938 telah berjuang untuk kemerdekaan Palestina, pasca pendudukan Israel.

Hal tersebut, tertuang dalam Majalah “Berita Nahdlatoel Oelama” (BNO) edisi Nomor 22, tahun ke-7 (20 Redjeb 1357 H / 15 September 1938 M) termuat fatwa Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari yang menyerukan dibacakannya do’a “Qunut Nazilah” sebagai bentuk solidaritas sesama Muslim atas kejadian kemanusiaan di Palestina.

"Di dalamnya disebutkan bahwa beliau Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari telah membacakan do’a Qunut Nazilah tersebut sejak beberapa minggu sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa ajakan dan imbauan untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina telah dilakukan sejak lama oleh warga dan ulama Nahdlatul Ulama," ungkapnya.

Secara khusus, terkait bantuan untuk Palestina, mantan Menteri Sosial RI mengatakan, ini merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas kemanusiaan dari Muslimat NU untuk masyarakat Gaza, Palestina. Dimana, bantuan kemanusiaan tahap pertama ini dihimpun Pengurus Pusat (PP) Muslimat NU dari seluruh Pengurus Wilayah (PW) dan Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU di se-Indonesia.

Lihat juga video 'Pencuri Handphone di Konter Pulsa Tanjung Priok Terekam CCTV':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO