Hadapi Pemilu Serentak, Bupati Kediri Minta 14 Februari 2024 Mobil Desa Disiagakan

Hadapi Pemilu Serentak, Bupati Kediri Minta 14 Februari 2024 Mobil Desa Disiagakan Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, saat memberi sambutan. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, meminta mobil siaga yang ada di setiap desa disiagakan untuk membantu mengantarkan petugas penyelenggara pemilu yang kelelahan dan segera memerlukan penanganan medis pada pelaksanaan pesta demokrasi mendatang.

Permintaan pimpinan daerah yang akrab disapa Mas Dhito itu disampaikan saat pelaksanaan rapat koordinasi lintas sektoral, Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 di Convention Hall, kawasan Simpang Lima Gumul, Kamis (12/10/2023).

"Saya minta tolong dipastikan saat tahapan pemilu, terutama hari H, mobil siaga yang ada di desa itu disiagakan untuk mengantarkan petugas yang kelelahan," ujarnya.

Ia meminta segera diimbau kepala desa untuk mewajibkan pada hari itu (hari H) mobil siaga tidak boleh digunakan selain membantu (mensukseskan) . Bupati juga berpesan kepada aparat kepolisian yang bertugas mengamankan pelaksana Pemilu, petugas dari KPU, maupun Bawaslu untuk tetap menjaga kondisi kesehatan dalam menghadapi .

Menyinggung soal keamanan Pemilu, Mas Dhito berharap pihak kepolisian dapat memetakan wilayah di Kabupaten yang dinilai rawan konflik. Diharapkan pelaksanaan berjakan lancar dan damai.

Sementara itu, Kapolres , AKBP Agung Setyo Nugroho, dalam paparannya menyampaikan pada Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024, jumlah petugas yang diterjunkan sebanyak 8.516 personel.

Secara umum, kerawanan TPS untuk wilayah Kabupaten masuk kategori kurang rawan atau aman. Adapun dari data yang dipaparkan keseluruhan terdapat 3.903 TPS di wilayah hukum Polres masuk kategori kurang rawan.

"Sebelum pelaksanaan operasi, kepolisian telah melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan sebagai cooling system untuk mengantisipasi perpecahan dan potensi konflik," kata Agung.

Selain dari pemerintah daerah, rapat koordinasi yang diadakan oleh Polres itu juga dihadiri oleh KPU, Bawaslu dan perwakilan dari partai politik peserta pemilu. Berkaca pada pelaksanaan Pemilu 2019, banyak petugas penyelenggara pemilu jatuh sakit bahkan sampai meninggal karena kelelahan harus bekerja secara maraton.

Kejadian itu tentunya tak diharapkan terulang kembali. Mengingat mendatang, Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) dilaksanakan serentak pada 14 Februari. (adv/pkp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO