Pemkab Jember Gelar Festival Kuliner untuk Menarik Wisatawan

Pemkab Jember Gelar Festival Kuliner untuk Menarik Wisatawan Didampingi ibu dan Kepala Kantor Pariwisata, Sekkab Sugiarto mencicipi masakan seorang peserta. (foto: yudi indrawan/BANGSAONLINE)

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kekayaan budaya kuliner di Jember dilombakan oleh Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Jember. Festival Kuliner Jember 2015 ini dilaksanakan pada Kamis (21/5) di Hall Hotel Bandung Permai Jember.

Diselenggarakannya Festival Kuliner ini juga merupakan upaya untuk mendorong peran wisata kuliner sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Jember.

Festival dibuka Sekretaris Kabupaten Jember, H Sugiarto SH, dengan cara unik yakni dengan memukul wajan penggorengan dengan erus, sebagai tanda dibuka secara resmi.

Festival Kuliner Jember 2015 ini diikuti 20 peserta yang terdiri dari perwakilan rumah makan, hotel dan katering. Stand-stand makanan pun berjajar rapi dengan menyajikan aneka masakan yang menggugah selera.

Masakan yang disajikan pun beragam, mulai dari masakan berat seperti nasi lalapan, olahan ikan patin, steak sampai ke makanan ringan dan kue-kue tradisional seperti kucur, cenil dan jajanan pasar lainnya. Tak lupa juga berbagai minuman segar seperti es kopyor, es cendol, beras kencur, dll.

Selain memamerkan masakan khasnya masing-masing, peserta juga diwajibkan untuk mengikuti lomba masak. Para peserta tersebut diwajibkan mendemokan keterampilannya memasak di hadapan para juri.

Dewan juri yang bertugas menilai kemampuan peserta terdiri dari Bhatara Yudha dari Surabaya Hotel School, Chef Heri Susanto dari Indonesian Chef Asociation dan Inayah Yati dari SMK Negeri 3 Jember. Dewan juri ini bertugas menilai dari sisi penampilan stand dan kemampuan memasak para koki. Masakan akan diberi nilai plus apabila peserta bisa memberikan sentuhan kekhasan Jember pada masakannya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO