Bermotif Khas Nganjuk, Batik Lereng Wilis Rambah Mancanegara

Bermotif Khas Nganjuk, Batik Lereng Wilis Rambah Mancanegara KHAS – Sejumlah pemudi di Lereng Gunung Wilis tengah membatik. foto: Soewandito/BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Batik karya sejumlah anak muda di lereng Gunung Wilis, tepatnya Desa/Kecamatan ngetos Kabupaten Nganjuk, kini tak bisa dianggap sebelah mata. Batik yang bercorak khas Nganjuk itu, ini sudah merambah pasar mancanegara. Saat ini, para perajin tersebut tengah mengerjakan pesanan untuk dikirim ke Malaysia.

Batik khas Lereng Wilis itu hasil karya sejumlah anak muda warga Desa/Kecamatan Ngetos Nganjuk. Batik yang diproduksi, kebanyakan bermotif khas Nganjuk.

“Kami lakukan semata untuk mengangkat budaya Nganjuk,” cetus Aris Trio Efendi (36) perajin sekaligus pengasuh kerajinan , di Ngetos. Ia menyatakan hasil produk itu sudah tembus pasar mancanegara, selain juga pasar domestik.

Aris bertekad melestarikan budaya , karena merupakan warisan budaya leluhur bangsa yang telah diakui oleh Unesco salah satu bidang yang menangani masalah kebudayaan pada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ia bercerita, awalnya, hanya dia sendiri yang mem. Lalu kemampuan itu ditularkannya ke teman-temannya, dengan harapan mereka juga tertarik menekuni tulis tersebut.

Semula, tidak banyak teman Aris yang tertarik belajar mem. Namun setelah Aris memberikan sejumlah pemahaman, lambat laun, mereka akhirnya tertarik dan mulai tekun mem. Kini para pemuda lereng Gunung Wilis ini sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan dengan menekuni tulis tersebut. Apalagi, yang dihasilkan, beda dengan Solo maupun Yogjakarta, kini mulai diburu penggemar dari mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO