Waspadai Bencana Hidrometeorologi, Pemkab Jember Gelar Apel Pasukan Gabungan

Waspadai Bencana Hidrometeorologi, Pemkab Jember Gelar Apel Pasukan Gabungan Bupati Jember Hendy Siswanto usai memimpin apel didampingi Wakil Bupati (Wabup) Gus Firjaun.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar apel pasukan gabungan yang terdiri dari personel Kodim 0824, Polres , Dishub, Satpol PP, BPBD, Damkar, Tagana, dan PMI di depan Kantor Pemkab , Senin (25/10).

Apel itu digelar sebagai reaksi cepat untuk menghadapi potensi bencana yang diakibatkan aktivitas hidrometeorologi, seperti bencana banjir, tanah longsor, angin kencang, gempa bumi, kekeringan, dan erupsi gunung merapi.

“Kegiatan apel ini karena suatu upaya bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah daerah terhadap potensi ancaman bencana,” kata Bupati Hendy Siswanto usai memimpin apel didampingi Wakil Bupati (Wabup) Gus Firjaun.

“Sebab secara geografis, Kabupaten berada di kawasan yang rawan bencana. Salah satu cara antisipasinya adalah meningkatkan kewaspadaan di berbagai elemen masyarakat,” ujarnya.

menerangkan, hal itu merupakan bagian dari kegiatan yang harus dilakukan. Bukan kegiatan yang harus dikerjakan ketika ada bencana.

“Berdasarkan peta indeks risiko bencana yang diterbitkan oleh Badan Nasional Penanggunalangan Bencana (BNPB), Kabupaten merupakan salah satu daerah potensi bencana banjir, tanah longsor, angin kencang, gempa bumi, kekeringan, dan erupsi gunung berapi,” kata orang nomor satu di ini.

Simak berita selengkapnya ...