Pemkab Pasuruan Garap Potensi Bidang Peternakan, UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari Dioptimalkan

Pemkab Pasuruan Garap Potensi Bidang Peternakan, UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari Dioptimalkan Lokasi UPTD Budi Daya Ternak Sapi di Dusun Kucur Desa Sumber Rejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. foto: Bambang Dharma/BangsaOnline.com

PASURUAN (BangsaOnline) - Pemerintah Kabupaten Pasuruan di Tahun 2015 akan lebih mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Pasuruan. Diantaranya adalah potensi pertanian di bidang peternakan yang salah satunya melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Budi Daya Ternak Sapi yang berlokasi di Dusun Kucur Desa Sumber Rejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.

Dalam kepemimpinannya yang menginjak tahun kedua ini, HM Irsyad Yusuf SE MMA Bupati Pasuruan dan Ir.H Riang Kulup Prayudha Wakil Bupati Pasuruan, akan memaksimalkan, mengoptimalkan potensi-potensi di Kabupaten Pasuruan, diantaranya adalah potensi di bidang peternakan.

“Bidang peternakan adalah salah satu potensi pertanian yang akan kita optimalkan sehingga bisa membawa ekonomi kerakyatan semakin berkembang di Kabupaten Pasuruan dan akan terwujudnya Kabupaten Pasuruan yang Sejahtera dan Maslahat. Untuk bidang peternakan, salah satunya melalui UPTD Budi Daya Ternak Sapi di Dusun Kucur Desa Sumber Rejo Kecamatan Purwosari, di tahun 2015 ini, akan lebih kita perhatikan dengan menjadikan UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari sebagai pusat penelitian ternak, arena edukasi serta akan kita jadikan sebagai wisata ternak di wilayah Kabupaten Pasuruan,“terang HM Irsyad Yusuf SE MMA Bupati Pasuruan.

Gus Irsyad (sapaan akrab Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf SE MMA) menambahkan dengan dukungan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2015 yaitu sekitar Rp 2,3 trilun, kita mengharapkan di tahun 2015 ini bisa mengoptimalkan potensi pertanian di bidang peternakan khususnya di UPTD Budi Daya Ternak Sapi di Purwosari.

Ir Bambang Hariyanto MM Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan terkait potensi di bidang peternakan yang ada di UPTD Budi Daya Ternak Sapi di Purwosari mengatakan, sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membawahi UPTD Budi Daya Ternak Sapi di Purwosari, akan melaksanakan petunjuk-petunjuk dari Bapak Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf MMA, untuk lebih mengoptimalkan bidang peternakan di UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari.

“Dalam rangka mengoptimalkan hasil pertanian di bidang peternakan di tahun 2015, khususnya di UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari, sudah kita persiapkan di tahun 2014 yang lalu. Yaitu dengan membangun pos penjagaan, membangun kontruksi jalan, membangun kandang, serta melakukan pemeliharaan kandang/bangunan yang ada di UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari,“ tegas dia.

Lanjut Kepala Dinas Peternakan Pemerintah Kabupaten Pasuruan, perlu diketahui, tahun 2014, jumlah ternak hewan di UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari sebanyak 165 ekor, dengan memberikan pakan ternak berupa kosentrat. Setiap tahun jumlah ternak hewan selalu mengalami peningkatan, tahun 2012 telah lahir 4 ekor , di tahun 2013 telah lahir 40 ekor .

“Kita sudah ada bukti bahwasanya UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari merupakan salah satu potensi pertanian bidang peternakan yang ada di Kabupaten Pasuruan. Tahun 2014 lalu UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari bisa menyumbang pundi-pundi keuangan di Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui hasil lelang 24 ekor nya sekitar Rp 220 Juta. Dan di tahun 2015 ini, UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari akan kembali menyumbang pundi-pundi keuangan di PAD Kabupaten Pasuruan dengan melelang 20 ekor nya sekitar Rp 200 Juta. Dengan akan dijadikannya UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari di Tahun 2015 sebagai pusat penelitian ternak, arena edukasi dan wisata ternak, maka potensi bidang peternakan di UPTD Budi Daya Ternak Sapi Purwosari dikedepannya bisa lebih optimal/maksimal,“pungkas Ir Bambang Hariyanto MMA Kepala Dinas Peternakan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO