Rampas Motor Puluhan Kali, TNI Gadungan di Gresik Akhirnya Dibekuk

Rampas Motor Puluhan Kali, TNI Gadungan di Gresik Akhirnya Dibekuk Tersangka Sugeng (44) dan Ardiansyah (19), dua begal yang berhasil ditangkap Polsek Driyorejo. foto: syuhud/BangsaOnline.com

GRESIK (BangsaOnline) - Kerja keras jajaran reserse kriminal Polsek Driyorejo Gresik membekuk para yang beraksi di wilayah Driyorejo, membuahkan hasil. Minggu (15/3), Polsek Driyorejo berhasil membekuk komplotan begal yang selama beroperasi mengaku-ngaku sebagai anggota TNI berpangkat serma. Para pelaku adalah, Sugeng Arbizal (44), warga Jalan Ngaglik DKA Timur 100 A Surabaya dan Ardiansyah Fisabilillah (19), pelajar warga jalan Ambengan Batu 6/64 Surabaya.

"Mereka kami tangkap di sekitar jalan Randegkansari. Saat itu, anggota melakukan operasi cipta kondisi di wilayah Driyorejo," kata Kapolsek Driyorejo, Kompol Hendy Kurniawan. 

Menurut Hendy, kedua pelaku sudah lama melakukan aksinya di wilayah Driyorejo. Berdasarkan laporan beberapa korban, ciri-ciri pelaku dan kendaraan yang dipakai pelaku saat melakukan aksi adalah sama dengan laporan para korban.

"Petugas saat mencegat pelaku mencurigai sepeda motor yang digunakan pelaku. Akhirnya petugas melakukan pemeriksaan dan mengamankan para pelaku," tuturnya.

Hendy menjelaskan, para pelaku ketika dilakukan pemeriksaan sempat terjadi adu mulut dengan petugas. Ketika petugas meminta menunjukan surat surat kendaraan, para tersangka malah marah dan membentak petugas dan mengaku dirinya adalah anggota TNI Marinir berpangkat serma. Karena petugas sudah mengantongi ciri-ciri pelaku dan takut buruannya lepas, akhirnya petugas mengamankan para pelaku.

"Setelah kami amankan dan dilakukan pemeriksaan, ternyata pelaku mengakui dirinya bukan anggota TNI. Pelaku juga mengakui sudah lebih dari dua puluh kali melakukan kejahatan dengan modus menuduh korbanya telah melakukan tabrak lari terhadap saudaranya dan akhirnya sepeda motor korban dibawa pelaku dan mempersilahkan korban untuk mengurus di kantornya," terangnya.

Ditambahkan Hendy, lokasi kejahatan pelaku selain di Driyorejo, juga melakukan aksinya di wilayah Sidoarjo dan Lamongan dengan modus serupa.

"Kedua pelaku sekarang kami amankan di Mapolsek beserta barang bukti kejahatan berupa satu unit sepeda motor Yamaha Vixion dan Kartu Tanda Anggota (KTA) atas nama Firmansyah degan pangkat serma, lengkap dengan foto pelaku," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO