Peneliti di AS Temukan Kecoak Pencari Korban Bencana

Peneliti di AS Temukan Kecoak Pencari Korban Bencana foto: nationalgeographic.com

BangsaOnline - Sejumlah peneliti di Texas A&M University merancang Kecoa Cyborg (cyborg cockroaches) yang direncanakan dapat digunakan untuk memasuki area pembangkit listrik tenaga nuklir. Dengan perangkat tertentu, si kecoak didesain agar dapat masuk ke reruntuhan tambang bawah tanah guna mencari lokasi korban selamat.

“Meski kecoa dianggap hama rumah, ia lebih baik dibandingkan dengan robot berukuran kecil yang pernah diciptakan,” kata salah seorang ilmuwan di Texas A&M University Collage Station Texas AS Hong Liang, sebagaimana dikutip dari Livescience, Selasa (3/3).

Dalam rancangannya, Tim Peneliti menggunakan kecoak hidup yang dilengkapi elektrode untuk menstimulasi saraf pada antena serangga. Peneliti pun dapat mengendalikan kecoa seperti mainan kendali jarak jauh.

Liang, yang juga merupakan angota penulis di Journal of the Royal Society Interface menuturkan, alat pengendali jarak jauh membuat operator dapat memerintahkan kecoa pergi ke mana saja, termasuk ke lokasi bencana yang membahayakan manusia.

Ia bersama tim memasang elektrode pada saraf kecoa jenis amerika yakni Periplaneta Americana dan kecoa jenis discoid dengan nama latin Blaberus discoidalis. Meski tampak kejam karena mengontrol fauna, kecona tetap diberi waktu istirahat.

Sumber: republika.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ratusan Karyawan PT Simone Bogor Mengalami Kesurupan Massal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO