Potensi Kopi dan Kakao di Jember Akan Jadi Pemacu Peningkatan Ekonomi di Masa Pandemi

Potensi Kopi dan Kakao di Jember Akan Jadi Pemacu Peningkatan Ekonomi di Masa Pandemi Bupati Jember Hendy Siswanto.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Komoditas kopi dan kakao di Kabupaten Jember menjadi pilihan utama untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi seperti sekarang. Sebab, kopi dan kakao dapat dijangkau oleh semua kalangan baik masyrakat bawah, menegah maupun kalangan ekonomi atas.

Oleh sebab itu, tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Pihaknya bersama Kepala Pusat Penelitian Kopi dan Kakao menjalin kerja sama guna untuk mendongkrak perekonomian melalui potensi yang ada.

Kepala Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Dr. Agung Wahyu Susilo, S.P., M.P. menyampaikan, kopi dan kakao merupakan komoditas berbasis kerakyatan, sehingga diharapkan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Jember.

“Tren konsumsi kopi cukup meningkat dalam waktu satu dekade terakhir dengan rata-rata naik 8-10 persen per tahun, di mana secara nasional per kapita atau per orang itu mengonsumsi 1,3 kilogram kopi per tahun,” jelas Dr. Agung Wahyu Susilo saat menggelar audiensi secara virtual, Kamis (15/7).

Data ini, kata dia, menjadi peluang ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan warga Jember, di mana Kabupaten Jember termasuk daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Menurut Hendy bahwa Kabupaten Jember memiliki potensi untuk ditanami bermacam jenis tanaman pangan dan hortikultura maupun perkebunan, termasuk kopi dan kakao. Sebab, topografi Jember yang terdiri dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO