Candi Adan-Adan di Kediri Identik dengan Candi Borobudur, Luasnya 700 Meter Persegi Lebih

Candi Adan-Adan di Kediri Identik dengan Candi Borobudur, Luasnya 700 Meter Persegi Lebih Penemuan dua buah gentong atau genuk dari batu andesit di lokasi galian sisi barat daya dari pusat Candi Adan-Adan. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim Peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Kemendikbud-Ristek RI, sudah beberapa hari ini berada di Kabupaten Kediri guna melanjutkan penelitian dan penggalian yang berada di Dusun Genuk, Desa Adan-Adan, Kecamatan Gurah.

Penggalian sendiri sudah dilakukan beberapa tahap sejak tahun 1991 lalu. Penelitian dan penggalian tahun 2021 ini adalah tahap kelima. Pada penggalian tahap kelima ini, tim menemukan dua buah gentong atau genuk yang terbuat dari batu andesit.

Sukawati Susetyo, M.Hum., Ketua Tim Penelitian , menjelaskan tujuan penggalian kali ini untuk memperjelas bentuk denah dari .

"Jika selama ini baru ketahuan seperempat (dari luas sebenarnya) dan belum menemukan sudutnya, maka (penggalian) yang sekarang untuk memperjelas denahnya," kata Wati, sapaan Ketua Tim Peneliti itu, Minggu (13/6).

Menurut Wati, tim sudah menemukan sudut yang di sisi barat daya. Sekarang tinggal menarik garis lagi ke arah timur untuk mengetahui berapa panjang dinding candi sisi selatan.

"Yang ditemukan ini adalah bangunan , kemungkinan peninggalan Kerajaan Kediri pada abad 12 -13," ujarnya.

(Sukawati Susetyo, M.Hum., Ketua Tim Penelitian saat menunjukkan temuan berupa batu andesit yang ada bentuk pahatan dengan motif bunga. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO