Pilwali Surabaya Diprediksi Munculkan Tiga Bakal Calon

SURABAYA (BangsaOnline) - Pertarungan Pilwali 2015 memang masih belum dimulai. Mayoritas parpol di Surabaya saling memetakan siapa bakal calon yang diusung. Namun, tidak menutup kemungkinan para kontestan yang akan melenggang ke arena bakal lebih dari dua calon.

Jumlah itu masih berpotensi bertambah jika muncul nama kandidat lain yang maju lewat jalur. Ini tak lepas dari masih njomplang-nya kekuatan antar parpol maupun sejumlah kandidat berpotensi maju dalam Pilwali nanti.

Komunikasi politik yang terjalin bakal lebih smooth. Alias, saling lirik—lirikan, antar parpol. Directur iPol Indonesia, Petrus Hariyanto membenarkan hal itu kepada wartawan.

”Survei awal memang memunculkan beberapa kandidat yang akan bersaing nanti,” ujarnya, kemarin malam (25/2).

Beberapa faktor disebut dia membuat prediksi ini memungkinkan terjadi. Pertama adalah komposisi suara antar parpol hasil Pemilu 2014 di Surabaya. Dari 10 parpol, hanya PDIP yang bisa mengusung kandidat sendiri karena memiliki persentase 30 persen kursi dewan/suara pemilu.

Sementara, sembilan partai lain mau tak mau harus berkoalisi.

”Sehingga, ada 70 persen suara Pemilu yang bisa dikoalisikan,” katanya. Mengacu syarat minimal dukungan parpol yang saat ini diberlakukan, maksimal bisa muncul tiga koalisi pengusung paket cawali-cawawali selain PDIP.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO