Wagub Emil Berterima Kasih, Kiai Asep Ringankan Beban Rakyat Hingga Rp 8 M

Wagub Emil Berterima Kasih, Kiai Asep Ringankan Beban Rakyat Hingga Rp 8 M Prof Dr KH Asep Safiddun Chalim saat menerima Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak di kediamannya di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto Rabu (11/5/2021) malam. Foto: mma/bangsaonline.com.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim yang selama ini banyak turun ke masyarakat membantu meringankan beban mereka secara ekonomi. Di antaranya memberikan bantuan beras, mie instan, sarung, dan uang tunai kepada korban gempa di Malang, Lumajang, Tulungagung, Blitar, dan Trenggalek.

“Terima kasih kiai telah membantu pemerintah,” kata Wagub Emil ketika sowan ke Kiai Asep Saifuddin Chalim di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto pada tengah malam, Rabu (11/10/2021).

Menurut Emil, Kiai Asep juga banyak melakukan kontrol dan arahan kepada dirinya selaku Wakil Gubernur Jawa Timur.

Kiai Asep memang intensif mendistribusikan zakat dan sedekah, terutama selama bulan suci Ramadan. Bahkan kiai miliarder tapi dermawan itu menghabiskan uang pribadi Rp 8 miliar. Uang sebesar itu didistribusikan dalam bentuk beras 5 kg, sarung, dan uang tunai mulai Rp 100 ribu, Rp 200 ribu, Rp 300 ribu pada setiap orang, termasuk anggota Polri, TNI, veteran, dan janda.

Kiai Asep juga turun ke lokasi gempa di Malang dan Lumajang. Juga mendistribusikan bantuan di Tulungagung, Blitar, dan Trenggalek. Bahkan di Lumajang Kiai Asep buka bersama para korban gempa di bawah tenda pengungsian.

Menurut Kiai Asep, gerakan peduli pada rakyat sangat penting dilakukan para konglomerat. Karena dengan cara inilah kita bisa mengurangi kemiskinan. “Kalau masyarakat senang kan berarti kemiskinan berkurang,” kata Kiai Asep yang memiliki 12.000 santri itu.

Karena itu ia berharap para konglomerat – terutama konglomerat papan atas seperti Chairul Tanjung lebih memasifkan bantuannya kepada rakyat kecil. Kiai Asep mengaku posisinya jauh di bawah Chairul Tanjung dalam ranking konglomerat. Kiai Asep bahkan mengaku nomor 1 juta atau bahkan nomor 1 juta dibanding Chairul Tanjung.

Tapi soal kepedulian pada rakyat kecil ia tak mau kalah. Ia punya prinsip: sekecil apapun kita harus punya kontribusi. 

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, Wagub Emil sowan ke Kiai Asep Saifuddin Chalim pada malam takbiran di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, Rabu (11/5/2021) malam. Emil datang sendirian pada tengah malam . 

Sementara Kiai Asep ditemani KH Muhammad Roziqi, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur, Kompol Bambang, Kasat Binmas Polres Mojokerto dan M Mas’ud Adnan, Komisaris Utama HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com.(mma) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO