Kamis, 15 April 2021 02:59

Sempat Vakum, Tahun Ini Prodamas Plus Siap Direalisasikan

Jumat, 09 April 2021 08:49 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
Sempat Vakum, Tahun Ini Prodamas Plus Siap Direalisasikan
Narasumber saat memberi pemaparan di hadapan peserta bimtek. (ist.)

KEDIRI,, BANGSAONLINE.com - Prodamas Plus yang rencananya akan dilaksanakan tahun 2020 terpaksa harus ditunda karena pandemi Covid-19. Meski sempat mundur dari rencana awal, tahun ini Prodamas Plus sudah siap direalisasikan.

Prodamas Plus Tahun Anggaran 2021 merupakan titik awal kiprah masyarakat secara langsung dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan. Di mana masyarakat tidak lagi mengawasi pelaksanaan dan menerima hasil kegiatan prodamas, melainkan juga secara langsung bertanggung jawab dalam pelaksanaan anggaran melalui swakelola masyarakat atau kelompok masyarakat (pokmas).

Hal ini senada dengan sambutan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Kediri, Bagus Alit pada acara Bimbingan Teknis Bagi Kelompok Masyarakat (Pokmas) Pelaksana Swakelola Masyarakat, Kamis (8/4) di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri.

“Bimtek bagi pokmas ini cukup penting. Karena pokmas telah dipercaya untuk mengelola kegiatan Prodamas Plus 2021,” kata Bagus Alit.

BACA JUGA : 

Warga Klanderan Kediri Temukan Benda Diduga Cagar Budaya Saat Bersih-bersih Sungai

Rakor PPKM Mikro, Wali Kota Kediri Paparkan Langkah Strategis Penanganan Covid-19

Jembatan Desa Kedawung Terancam Ambrol, Pemdes Minta Pemkab Kediri Segera Bangun Plengsengan

Puluhan Sopir Angkot di Kediri Kembali Dapatkan Paket Sembako dari Si Jamal

“Bimtek bagi pokmas ini cukup penting. Karena pokmas telah dipercaya untuk mengelola kegiatan Prodamas Plus 2021,” kata Bagus Alit.

Menurut Bagus Alit, bimtek yang diikuti oleh 137 pokmas ini digelar selama 3 hari di beberapa tempat berbeda. Dimulai dari tanggal 8 April 2021 berlokasi di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri yang diikuti oleh Pokmas Kecamatan Mojoroto.

Dilanjut pada tanggal 9 April 2021 berlokasi di Balai Kelurahan Burengan yang dikuti oleh Pokmas Kecamatan Pesantren, dan terkahir pada tanggal 12 April 2020 berlokasi di Balai Kelurahan Setonopande yang diikuti oleh Pokmas Kecamatan Kota.

Pada bimtek ini, lanjut Bagus Alit, pokmas dibekali pengetahuan dan ketrampilan dalam perencanaan, pengelolaan anggaran, pertanggungjawaban dan pelaporan kegiatan prodamas.

“Dengan adanya bimtek ini, saya berharap pokmas dapat melaksanakan kegiatan dengan baik, benar dan tidak bermasalah secara aturan,” pungkas. Bagus Alit.

Bimteknya sendiri menghadirkan 4 narasumber, yaitu dari Inspektorat dengan tema pengawasan dan pelaksanaan Prodamas Plus, BPKAD dengan tema pengelolaan keuangan, pencairan SPJ, dan ketentuan pajak.

Dari Dinas PUPR dengan tema penyusunan RAB dan gambar teknis, kegiatan infrastruktur, dan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dengan tema teknis swakelola pengadaan barjas oleh pokmas. (uji)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...