Selasa, 18 Mei 2021 00:01

​Pemulihan Ekonomi Jadi Topik Puncak HPN PWI Tuban 2021

Rabu, 17 Maret 2021 21:50 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Pemulihan Ekonomi Jadi Topik Puncak HPN PWI Tuban 2021
Sejumlah korporasi, forkompinda dan instansi lainnya usai menerima penghargaan bertajuk PWI Award.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemulihan Ekonomi menjadi topik dalam perhelatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) ke-75, yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Rabu (17/3/2021).

Peringatan HPN yang dilakukan secara daring itu menampilkan tiga tokoh nasional sebagai narasumber, yakni Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, pengamat ekonomi yang juga mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia Rizal Ramli, serta Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang Prof Ahmad Erani Yustika.

Dalam paparannya, Prof. Ahmad Erani Yustika menyebut, Indonesia perlu menerapkan promosi investasi, inisiasi kolaborasi, literasi digitalisasi, advokasi regulasi dan akselerasi transformasi untuk membangkitkan ekonomi di Indonesia.

Selain itu, sumber daya alam maritim yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia juga perlu diolah menjadi bahan baku, sehingga jika hal itu dijual maka akan mendatangkan keuntungan lebih dari pada dijual dalam bentuk mentah.

BACA JUGA : 

SIG Pabrik Tuban Santuni Anak Yatim Almarhum Wartawan

Pererat Kebersamaan, DPRD Tuban Gelar Buka Bersama Insan Pers

Diskusi Bersama PWI Jatim, Eri Paparkan Lima Misi Surabaya Lima Tahun ke Depan

Puluhan Wartawan Tuban Gelar Aksi Solidaritas Mengutuk Tindakan Kekerasan Terhadap Insan Pers

"Tranportasi struktural ekonomi yang mengadakan bahan baku juga perlu diolah yang nilainya jauh lebih besar jika kita jual," katanya.

Di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini, Erani juga meminta masyarakat terutama pelaku usaha bisa keluar dari keterpurukan ekonomi, karena jika tidak maka tingkat kemiskinan di Indonesia akan semakin naik.

"Dulu sebelum wabah pandemik Covid-19 ini melanda secara global tingkat kemiskinan di Indonesia yang terus ditekan agar tidak naik. Tapi sekarang kenaikan itu justru bertambah karena wabah virus corona," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto menjelaskan, wartawan merupakan garda terdepan dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat. Insan Pers sebagai pilar ke empat demokrasi juga turut menjadi benteng pertahanan pemerintah dan ikut andil dalam memperjuangkan demokrasi di Indonesia.

"Di masa pandemi ini, pers juga menjadi bagian penting guna memberikan edukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menerakan protokol kesehatan serta mengkampanyekan pemulihan ekonomi di tengah pandemi," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah korporasi, forkompinda dan instansi lainnya mendapatkan penghargaan bertajuk PWI Award dengan beberapa katagori. Di antaranya, kategori perusahaan peduli penanganan Covid-19 diberikan kepada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, New Grass Root Refinery (NGRR) Tuban, PT Pertamina MOR V, PT Pertamina EP dan PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE-TEJ).

Sedangkan katagori perusahaan peduli terhadap UMKM di tengah pandemik Covid-19 adalah ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban dan PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk.

"Dalam kesempatan ini, kami memberikan sejumlah reward kepada perusahaan yang selalu berkontribusi dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19," imbuh wartawan MNC Media Grub tersebut.

Tak hanya korporasi saja, penghargaan juga diberikan kepada Bupati Tuban, Ketua DPRD Tuban, Kapolres Tuban, Dandim Tuban, PN Tuban, Direktur RSUD dr R Koesma Tuban, ADM Perhutani KPH Tuban, Kakapas Kelas IIB Tuban dan Ketua KONI Tuban dengan katagori keterbukaan informasi publik di tengah pandemik Covid-19.

Sementara penghargaan untuk kategori mitra terbaik diberikan kepada PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Cabang Tuban, Bank Jatim Cabang Tuban, Amir Burhannudin, Paguyuban Pemasok BPNT Kab Tuban, Direktur RSNU Tuban dr Didik Suharsoyo, MARS, MM, PT. UTSG, dan Rektor Unirow Tuban Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes. (gun/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...