Selasa, 20 April 2021 04:42

Gubernur Khofifah Dukung Penuh Layanan Penerbangan GIA Khusus Kargo Surabaya-Hongkong

Jumat, 05 Maret 2021 23:58 WIB
Editor: mma
Gubernur Khofifah Dukung Penuh Layanan Penerbangan GIA Khusus Kargo Surabaya-Hongkong
Khofifah Indar Parawansa. Foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo maskapai Garuda Indonesia Airlines (GIA) untuk rute Surabaya-Hongkong. Bahkan Gubernur Khofifah optimistis layanan penerbangan khusus kargo ini akan membantu dan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hongkong yang mulai beroperasi per 6 Maret. Hal ini tentunya akan berkontribusi positif untuk membantu export kita ke Hongkong sekaligus meningkatkan daya saing produk kita," ungkap Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (5/3) sore.

GIA akan melayani penerbangan khusus kargo rute Surabaya – Hongkong mulai 6 Maret 2021. Rute Surabaya-Hongkong akan dilakukan sekali dalam sepekan yaitu tiap Hari Sabtu. Sedangkan untuk rute domestik Surabaya-Banjarmasin-Balikpapan dilakukan 3 sampai 6 kali setiap minggunya.

Untuk layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hongkong komoditas utamanya adalah 70%-80% nya adalah household (barang-barang UMKM, barang kulakan) dan umumnya milik tenaga kerja Indonesia di Hongkong. Selain itu ada juga live fish (ikan kerapu), fresh fish, gelembung ikan (perut ikan) untuk kosmetik serta barang-barang pabrikan seperti sepatu.

BACA JUGA : 

Polda Jatim dan PT. Semen Indonesia Siap Kerja Sama Jaga Ketersediaan dan Stabilitas Harga Semen

Gubernur Khofifah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Korban Gempa di Jogomulyan

​Bersama Forkopimda, Gubernur Khofifah Berangkatkan Bantuan ke NTT

Soal THR, Kadin Jatim Berharap Semua Pihak Bisa Memahami

Menurut Khofifah, adanya rute penerbangan baru khusus kargo tersebut akan memberikan peluang bagi pelaku UMKM Jawa Timur untuk melebarkan sayap usahanya hingga mancanegara. Hal itu bisa dimulai dari Hongkong yang akan dimudahkan dengan adanya rute tersebut.

"UMKM kita harus bisa melihat peluang dari dibukanya rute baru khusus kargo ini," tandas orang nomor satu di Pemprov Jatim ini.

"Apalagi di tengah pandemi Covid-19, market untuk penerbangan kargo tentunya lebih kuat dibandingkan dengan penerbangan penumpang," imbuh Khofifah.

Khofifah juga menegaskan bahwa penerbangan kargo rute Surabaya-Hongkong ini bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional. Sehingga sangat dimungkinkan untuk dapat membantu komoditas-komoditas unggulan nasional termasuk selain Jawa Timur bisa lebih berkembang di luar negeri.

"Tentunya juga berkontribusi bagi komoditas unggulan nasional dari provinsi lain, terutama yang berada di Indonesia bagian timur," tuturnya.

Khofifah berharap rute baru khusus kargo Surabaya-Hongkong dari maskapai milik BUMN ini dapat memberi harapan baru dan memberikan semangat bagi pelaku UMKM di Jawa Timur untuk lebih berkembang, kompetitif, dan berdaya saing.

"Harapannya, dengan peluang tersebut bisa meningkatkan semangat yang lebih bagi pelaku UMKM kita untuk berkembang dan berdaya saing," kata Khofifah. (tim)  

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...