Jumat, 23 April 2021 09:53

Launching Program 99 Hari Nawa Karsa Bupati dan Wabup Gresik Dihadiri dr Alif

Selasa, 02 Maret 2021 16:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Launching Program 99 Hari Nawa Karsa Bupati dan Wabup Gresik Dihadiri dr Alif
dr. Aslichul Alif, M.Kes (paling kiri) saat hadiri launching Pogram 99 Hari Nawa Karsa dari Bupati Gresik Gus Yani. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ada pemandangan menarik pada launching program 99 hari Nawa Karsa Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E., dan Wabup Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd., di depan Pendopo Kabupaten Gresik, Selasa (2/3/2021).

Dari sejumlah masyarakat yang hadir, juga tampak dr. Asluchul Alif, M.Kes. Dia adalah Calon Wakil Bupati Gresik 2020 pasangan Cabup Moh. Qosim pada Pilkada 2020 lalu, yang notabene rival dari pasangan Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah.

Selain dr. Alif, sejumlah pimpinan partai politik juga hadir dalam launching tersebut. Di antaranya, Ketua DPC PPP Achmad Nadir, Ketua DPD Nasdem Syaifual Anwar, dan Ketua DPC PD Eddy Santoso.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua MUI Gresik KH. Mansoer Sodiq, Ketua PCNU KH. Khusnan Ali, beberapa pimpinan organisasi masyarakat, serta seluruh anggota Forkopimda atau yang mewakili, Pj. Sekda Gresik Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno, kepala OPD, pimpinan BUMD, dan camat se-Kabupaten Gresik.

BACA JUGA : 

Sepi Pembeli, Puluhan Pedagang Buah di Pasar Kota Gresik Wadul Bupati Gus Yani

Terpilih Aklamasi, Dokter Anis Ambiyo Putri Jabat Ketua KONI Gresik

Buka Musorkab KONI Gresik 2021, Bupati Gus Yani Berpesan Jangan Ada Lagi Atlet Terlantar

Pemkab Gresik Gelar Pasar Bandeng di 10 Titik, Berikut Lokasinya

Launching program 99 hari Nawa Karsa itu diawali dengan pemberian santunan kepada sejumlah anak yatim piatu di Kabupaten Gresik.

Selanjutnya Gus Yani memaparkan program-program Nawa Karsa menuju Gresik Baru ini yang berisi 9 langkah.

"Misi utama untuk Mewujudkan Gresik Baru Yang Mandiri, Sejahtera, Berdaya Saing, dan Berkemajuan Berlandaskan Akhlakul Karimah. Dari visi misi tersebut kemudian di intisarinya dan menjadi program 99 hari kerja Pertama Gus Yani – Bu Min," katanya.

"Untuk menciptakan tata Kelola yang dinamis dan transparan menuju Good and Clean Government, kami akan membangun Gresikpedia. Kami akan berkolaborasi dengan berbagai komunitas untuk media sinkronisasi data dan integrasi sistem informasi menuju sistem satu data rujukan yang dapat diakses oleh seluruh warga Kabupaten Gresik (One Data, One Portal, and Open Access)," bebernya.

Gus Yani juga akan memberikan santunan kehormatan kepada 1.000 hafiz sebagai bentuk apresiasi dan menjaga identitas Gresik sebagai kota religius. Program tersebut nantinya juga dikembangkan untuk menjangkau guru ngaji, marbot masjid dan musala, penjaga makam, situs religi, dan situs budaya.

"Prioritas kami dalam 99 hari pertama, dalam rangka membangun Gresik Baru adalah dengan melakukan perbaikan kualitas air PDAM," jelasnya.

Adapun langkah yang akan diambil yaitu melakukan eliminasi kebocoran, peremajaan pipa untuk mendukung mata air umbulan, serta pengawasan kejernihan air. Selanjutnya, keberlanjutan pemantapan infrastruktur daerah, untuk kelayakan hunian dan ketangguhan daerah menghadapi bencana.

"Gresik Baru memprioritaskan kota bebas banjir, oleh sebab itu pemerintah daerah akan melakukan normalisasi Kali Lamong. Kami akan menyiapkan lahan secara progresif untuk pembangunan tanggul dan dengan ditambah kolam retensi untuk menampung luapan Kali Lamong," urainya.

Gus Yani juga menyampaikan perbaikan infrastruktur desa melalui program gerbang dusun. "Gresik Baru bergerak mempercepat pembangunan desa dengan melakukan alokasi pembangunan infrastruktur sebesar Rp 178,8 miliar yang ditujukan untuk pembangunan jalan, infrastruktur pertanian, perekonomian, dan pelayanan publik," paparnya.

"Program 99 hari pertama, kami berupaya menciptakan warga desa yang ayem tentrem dan dapat menerima manfaat pembangunan secara langsung. Kami juga akan menghadirkan Kartu Go Tani. Kartu ini memiliki kebermanfaatan yang luas bagi petani dan nelayan untuk mengakses dana bantuan berupa alat produksi, permodalan, asuransi, akses terhadap gudang tani, serta kemudahan dalam distribusi dan penjualan," terangnya.

Sedangkan pada bidang pendidikan, Gus Yani dan Bu Min akan menghadirkan beasiswa Gresik Cerdas, Melalui Nawa Karsa Gresik Cerdas.

"Kami berkomitmen untuk mewujudkan pendidikan murah berkualitas untuk seluruh masyarakat Gresik. Peningkatan infrastruktur dan suprastruktur pelayanan pendidikan akan menjadi prioritas pembangunan Gresik Baru untuk menguatkan kualitas Sumber Daya Manusia Gresik guna bersaing dalam era disruptif," katanya.

"Selain itu, kemudahan layanan kependudukan. Melalui Nawa Karsa Gresik Sehati, kami menjamin seluruh anak Gresik yang baru lahir akan mendapatkan akta kelahiran, lahir pulang bawa akta. Secara serentak akan kami mulai di 12 rumah sakit bersalin dan 32 puskesmas," sambungnya

Pada akhir sambutannya, Gus Yani mengajak seluruh masyarakat mendukung visi-misi dan programnya tersebut. Ia mengakui bahwa warisan Bupati Sambari dan Wabup Qosim adalah capaian yang sangat penting dan menjadi kerja yang akan diapresiasi dan perlu dirawat dan lanjutkan pada fase yang lebih baik.

"Mulai hari ini sudah tidak ada lagi kubu Gus Yani dan Bu Min serta Pak Qosim - Alif. Wahai Warga Gresik apabila kita semua ditanya, berapa jumlahmu? Jawablah jumlah kita adalah satu sebagai warga Gresik yang berjuang bersama untuk kemajuan melalui jalan perubahan," pungkasnya. (hud/ian)

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...