Menko PMK Sebut Jumlah Pendonor Plasma Konvalesen Meningkat 4 Kali Lipat

Menko PMK Sebut Jumlah Pendonor Plasma Konvalesen Meningkat 4 Kali Lipat Menko PMK mengunjungi kegiatan donor darah & plasma konvalesen di Kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jatim. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan () Muhadjir Effendy mengunjungi kegiatan dan plasma konvalesen di Kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jatim, Selasa (16/2/2021). Kegiatan tersebut dilakukan PLN bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya.

Muhadjir Effendi menyebutkan, sejak program donor plasma dicanangkan, jumlah donor plasma konvalesen terus meningkat hingga 4 (empat) kali lipat. Hal tersebut dapat menjadi dongkrak untuk meningkatkan angka kesembuhan Covid-19 di Indonesia.

“Alhamdulillah, setelah dicanangkan oleh Bapak Wakil Presiden, sekarang ada kenaikan jumlah donor yang luar biasa. Jumlah pasien yang mengantre untuk mendapatkan donor plasma menurun dan angka kesembuhan untuk pasien gejala sedang mencapai 100 persen,” tutur Muhadjir.

Dirinya berpesan agar program donor plasma konvalesen lebih dimasifkan lagi, utamanya untuk daerah-daerah di luar Kota Surabaya. Surabaya dan DKI Jakarta sendiri menjadi kota dengan jumlah pendonor plasma cukup banyak.

Untuk diketahui, kegiatan bertajuk “Donor & Darah Untuk Indonesia Sehat Bersama PLN Group Jawa Timur” merupakan wujud nyata program #PlasmaBUMNuntukIndonesia sekaligus dalam rangka memperingati bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Nasional.

BACA JUGA Kantong Plasma Langka, dan Mensos Tinjau UDD PMI Surabaya

Total 306 orang penyintas Covid-19 menyumbangkan plasma konvalesen dan 120 orang pen dari berbagai kalangan dalam kegiatan amal ini. Sebelumnya, Kamis (11/2/2021) lalu, para penyintas Covid-19 yang mayoritas adalah pegawai PLN Group Jawa Timur mengikuti tahap pengambilan sampel untuk memastikan kondisi sesuai syarat & kriteria pendonor plasma.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Nyoman S. Astawa menyampaikan bahwa gerakan yang digelar PLN dapat membantu memenuhi kebutuhan darah, khususnya plasma konvalesen untuk membantu proses penyembuhan pasien Covid-19.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO