Gara-Gara Perang Tweet Soal Mobnas dan Jokowi, Dua Orang Adu Jotos di Senayan

Gara-Gara Perang Tweet Soal Mobnas dan Jokowi, Dua Orang Adu Jotos di Senayan foto: merdeka.com

BangsaOnline - Gara-gara adu pendapat di situs jejaring sosial Twitter, dua orang pria adu jotos di Istora Senayan, Jakarta. Persoalannya cukup sepele, yakni salah satu pihak tak puas dengan kebijakan soal Proton, sedangkan lawannya membela mati-matian.


Kejadian itu bermula saat pemilik akun Twitter @redinparis mengomentari kebijakan Presiden Joko Widodo terkait mobil Proton di jejaring sosial Twitter. Kemudian, pemilik akun @panca66 tiba-tiba mendebat pandangan @redinparis. Mereka pun janjian untuk adu jotos.

Menurut sosiolog Musni Umar, perkelahian antara kedua orang tersebut sangat berlebihan. Saling dukung mendukung dalam pandangan politik itu hak asasi, tapi jangan lantas berujung perkelahian.

"Ini terlalu berlebihan, tapi kita musti melihat sebenarnya siapa yang buat pemicu. Yang awal membuat keributan, pasti salah satu dari kedua kelompok ini. Kalau dukung ya dukunglah, itu hak asasi, hak demokrasi tapi jangan lampiaskan dengan arogansi," ujar Musni Kamis (12/2).

Musni mensinyalir, pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) belum selesai bagi sebagian orang. Alhasil, belum tercipta suasana harmonis di masyarakat, padahal tingkat elite sendiri sudah melepas sisa-sisa persaingan dalam pilpres tersebut.

"Orang boleh mengecam sebagai koreksi untuk meluruskan, mungkin caranya yang bisa. Begitu juga bela boleh tidak setuju, tetapi pakai cara membela lebih santun, lebih terhormat," lanjut Wakil Rektor Universitas Ibnu Khaldun ini.

Setiap orang, imbuh Musni, setiap orang tidak patut untuk menjelekkan seseorang dengan bahasa yang kasar dan tindakan itu bukan tidak mungkin dibalas. Kondisi inilah yang seharusnya dihindari, dan dia menyarankan agar cara mengungkapkan juga sebaiknya dilakukan dengan cara santun.

"Enggak ada untungnya ribut, itu hanya undang masalah jadi tambah masalah, merugikan setiap orang bangsa dan negara," tutupnya.

Sumber: merdeka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO