Kembali Jadi Zona Merah, Kasus Covid-19 di Blitar Didominasi Klaster Ponpes

Kembali Jadi Zona Merah, Kasus Covid-19 di Blitar Didominasi Klaster Ponpes Petugas mengevakuasi santri positif Covid-19 untuk dibawa ke ponpes tangguh.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Blitar kembali masuk ke zona merah penularan Covid-19. Dari tambahan kasus positif baru selain klaster keluarga, kini juga didominasi klaster pondok pesantren (ponpes). 

Data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar menyebutkan, saat ini ada 60 santri yang menjalani isolasi di pesantren tangguh yang disiapkan khusus untuk santri positif Covid-19. Jumlah tersebut belum termasuk santri positif yang menjalani isolasi mandiri dan dirawat di rumah sakit.

Dengan kondisi itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar Taufiq meminta semua pihak yang berkaitan dengan pondok pesantren, baik pengurus dan wali santri, agar memahami kondisi perkembangan Covid-19.

Dia mengatakan, ada ribuan lembaga pendidikan agama Islam di Kabupaten Blitar baik itu ponpes, madin, maupun TPQ. Dengan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar, pihaknya telah bersurat kepada seluruh lembaga pendidikan agama Islam untuk meminimalisir atau bahkan meniadakan kegiatan tatap muka. Selain itu, masing-masing ponpes juga diminta memberi aturan yang ketat kepada para santri dan wali santri.

"Selama pandemi ini, sebenarnya pondok pesantren di Kabupaten Blitar sudah kami beri surat edaran untuk langkah antisipasi. Pengelola pun menanggapi surat edaran ini dengan bermacam-macam. Ada pesantren yang tidak memperbolehkan santrinya pulang, ini justru yang aman. Namun, ada juga yang boleh pulang, ini juga tidak apa-apa asalkan mereka berhati-hati," kata Taufiq, Rabu (27/1/2021).

"Yang pulang lalu kembali ke pesantren, ini ada aturan harus dicek rapid atau swab dulu. Namun, karena banyaknya jumlah pesantren, dan mungkin ada satu atau dua yang terpapar sehingga muncul celah masuknya kasus Covid-19 hingga menyebabkan klaster pondok pesantren," sambungnya.

Sementara Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan, seluruh puskesmas yang di wilayahnya terdapat pondok pesantren telah diinstruksikan untuk ikut memantau para santri. Pihaknya juga meminta peran aktif para pengurus pondok pesantren untuk membentuk satgas internal untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) di dalam area pondok pesantren.

"Puskesmas yang di wilayahnya terdapat pondok pesantrennya harus terus memantau kondisi santri, bekerja sama dengan satgas internal dari masing-masing pondok. Jadi begitu ada yang bergejala langsung lapor ke petugas Puskesmas untuk segera ditindaklanjuti," ujar Krisna. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO