Vaksinasi Booster Covid-19 Dosis Kedua, Dinkes Kabupaten Blitar Sasar Masyarakat Umum

Vaksinasi Booster Covid-19 Dosis Kedua, Dinkes Kabupaten Blitar Sasar Masyarakat Umum Ilustrasi.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten  mulai melakukan vaksin booster dosis kedua dengan sasaran masyarakat umum.

Sub Koordinator Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten , Endro Pramono, mengatakan  dosis kedua bagi masyarakat umum dimulai sejak 24 Januari 2023. Menurut dia, tindakan ini perlu dilakukan dalam rangka mencegah virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Cina, itu.

"Sudah dimulai kedua bagi masyarakat umum. Kalau sebelumnya kan hanya untuk lansia," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (26/1/2023).

Kebijakan tersebut sesuai dengan surat edaran tentang vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi kelompok masyarakat umum. Artinya, masyarakat usia lebih dari 18 tahun sudah dapat melakukan vaksin booster kedua tanpa menunggu undangan.

"Jadi masyarakat bisa langsung datang ke fasilitas layanan kesehatan puskesmas. Tentunya sesuai jadwal di masing-masing puskesmas," kata Endro.

Selain di puskesmas, layanan kedua untuk masyarakat umum juga dilakukan dengan cara jemput bola, yaitu datang ke desa-desa. Sementara itu, saat ini untuk stok ketersediaan vaksin masih mencapai ribuan dosis jenis Pfizer.

"Kami akan segera mengajukan permintaan vaksin ke pemerintah pusat, jika stok vaksin kembali menipis. Sehingga masyarakat bisa tetap mendapat pelayanan," pungkasnya. (ina/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO