Gelar RDP, Komisi III Minta Agar Perusahaan di Probolinggo Rekrut Tenaga Kerja Lokal

Gelar RDP, Komisi III Minta Agar Perusahaan di Probolinggo Rekrut Tenaga Kerja Lokal Komisi III DPRD Kota Probolinggo saat menggelar RDP dengan sejumlah perusahaan dan vendor. (foto: ist)

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah perusahaan yang terdapat di Kota Probolinggo diminta agar melakukan rekrutmen tenaga kerja lokal ketimbang merekrut tenaga kerja dari luar daerah. Hal ini terungkap saat Komisi III DPRD Kota Probolinggo menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah perusahaan dan vendor.

“Kita menyarankan agar perusahaan tidak merekrut tenaga kerja dari luar daerah, tetapi memprioritaskan tenaga kerja lokal,” ungkap Poniman, Anggota Komisi III, Selasa (19/1/2021).

Menurutnya, dengan merekrut tenaga kerja lokal, secara tidak langsung perusahaan telah membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.

Berbeda dengan Robet. Politikus kawakan itu mengkritisi soal mekanisme rekrutmen perusahaan yang mempersyaratkan hasil Ujian Akhir Nasional atau UAN dengan nilai 7 menjadi skala prioritas.

“Padahal dengan hasil UAN nilai 7 itu tidak menjamin seorang tenaga kerja itu bagus absensi kinerjanya,” tandasnya.

Itulah sebabnya, Robet menyarankan agar UAN dengan nilai 7 itu tidak menjadi patokan dalam setiap rekrutmen.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO