Senin, 01 Maret 2021 14:25

​Puluhan Pengguna Jalan di Kota Kediri Terjaring Operasi Yustisi Prokes

Jumat, 15 Januari 2021 20:04 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
​Puluhan Pengguna Jalan di Kota Kediri Terjaring Operasi Yustisi Prokes
Kabag Ops Polres Kediri Kota, Kompol Abraham Sisik memberikan keterangan kepada wartawan didampingi Kasubbag Humas Kompol Kamsudi dan Cecepe dari Satpol PP Kota Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan pengguna jalan, baik yang menggunakan roda 2 maupun roda 4 terjaring operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di Kota Kediri. 

Operasi yustisi tersebut digelar petugas gabungan di Jalan Mayjend Sungkono, tepatnya di depan Gedung Nasional Indonesia (GNI) Kota Kediri, Jumat (15/1).

Petugas melakukan penyekatan jalan untuk memantau seluruh pengendara yang melintas. Mereka yang kedapatan melanggar prokes, yakni tak memakai masker atau menggunakan masker secara tidak benar, langsung diminta untuk menepi dan masuk ke halaman GNI untuk menjalani pemeriksaan dan langsung sidang di tempat.

Kabag Ops Polres Kediri Kota, Kompol Abraham Sisik yang memimpin jalannya operasi yustisi menjelaskan bahwa petugas gabungan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP Kota Kediri, Kejaksaan, dan Pengadilan.

“Untuk pelanggar saat ini yang ditindak sudah ada sekitar 30, kemudian denda yang sudah masuk sekitat Rp 1.000.500, ini masih berkembang. Sedangkan hasil denda operasi yustisi tersebut langsung masuk ke kas daerah," kata Kompol Abraham Sisik didampingi Kasubbag Humas Polres Kediri Kota, Kompol Kamsudi.

Kompol Abraham berharap masyarakat meningkatkan kesadaraannya untuk menerapkan prokes saat beraktivitas di luar rumah yakni memakai masker dengan benar.

“Kita dari pemerintah, dari Polres Kediri (Kota) sudah melaksanakan imbauan, mengedukasi masyarakat. Demi kebaikan semua, demi keselamatan kita semua, mari kita tegakkan protokol kesehatan,” ajaknya.

Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 ini memakai masker juga menjadi kewajiban saat berkendara, tak terkecuali pengemudi beserta penumpang kendaraan bermotor pribadi roda empat dan lainnya.

"Hal ini untuk mencegah peluang penyebaran virus ketika yang bersangkutan sewaktu-waktu sedang mobilitas atau berkomunikasi dengan orang lain," pungkas Kompol Abraham.

Sementara itu, Yoga, salah satu pelanggar operasi yustisi mengatakan bahwa sebenarnya ia memakai masker saat diminta petugas berhenti dan masuk ke halaman GNI untuk menjalani pemeriksaan.

"Ternyata, cara saya memakai masker dinilai salah, karena tidak menutupi hidung, hanya sampai di bawah hidung. Akhirnya saya harus membayar denda Rp 40 ribu," kata Yoga yang mengaku berasal dari Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri itu. (uji/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 01 Maret 2021 08:13 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Ternyata banyak sekali putra Indonesia yang punya potensi unggul. Di berbagai bidang. Termasuk penemuan tes Covid-19. Dalam tulisan edisi Senin, 1 Maret 2021, ini Dahlan Iskan mengangkat tentang I-Nose, hasil p...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...