Tergerus Air, Jalan di Balen Bojonegoro Terancam Putus

Tergerus Air, Jalan di Balen Bojonegoro Terancam Putus LONGSOR: Jalan penghubung desa di Kecamatan Balen, Bojonegoro terancam putus karena seringnya tergerus air sungai pacal. Foto: Eky Nurhadi/BangsaOnline.com

BOJONEGORO (BangsaOnline) - Seringnya terkikis aliran Sungai Pacal, jalan di Dusun Tloko, Desa Mulyoagung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro terancam putus. Jalan antar desa itu setiap hari tanahnya terus longsor. Jika tidak segera diperbaiki, warga di Dusun Tloko dan Desa Mulyoagung terancam terisolasi.

Menurut Kepala Desa Mulyoagung, Sudjar Tiknan, meski kondisi jalan itu sudah kritis, namun tidak ada penanganan sama sekali dari pihak terkait. Padahal, jalan tersebut merupakan jalur alternatif menuju Kota Bojonegoro.

"Longsornya tambah parah, jalan hampir terputus, jika tidak segera diperbaiki warga sekitar tidak bisa lewat," ujarnya Selasa (10/2/2015).

Ia menjelaskan, karena kesal tidak kunjung ada penangan dari pemerintah, warga sekitar akhirnya membuat jalan di sampingnya dengan mengorbankan halaman pemukiman warga.

"Warga juga membuat tanggul penahan tanah dengan menggunakan bambu. Ya, sambil menunggu pembangunan dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) yang rencananya bulan empat, kalau jadi," tegasnya.

Sementara itu, Camat Balen, Kasiyanto berharap agar dibuatkannya sudetan atau pembuangan kecil sepanjang sungai. Sebab, Sungai Pacal yang melintasi Dusun Tloko, Desa Mulyoagung mengelilingi perumahan warga setempat.

"Kalau sudah ada sudetannya mungkin tidak terlalu mengancam akan terjadinya longsor," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Baru Dicor, Jalan Balaraja Tangerang Berantakan Lagi Dilintasi Pengendara':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO