Senin, 25 Januari 2021 05:47

​Dilaporkan ke Bawaslu Ponorogo, Rumah Aspirasi DPR RI Dijadikan Posko Pemenangan

Senin, 02 November 2020 21:48 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Novian Catur
​Dilaporkan ke Bawaslu Ponorogo, Rumah Aspirasi DPR RI Dijadikan Posko Pemenangan
Rumah Aspirasi DPR RI dijadikan posko pemenangan salah satu paslon.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Bawaslu Ponorogo kembali menerima laporan dugaan pelanggaran dalam pemilu. Kali ini, Tatik Sri Wulandari melaporkan dugaan penggunaan Rumah Aspirasi anggota DPR RI, yang terletak di Jalan Sultan Agung, Ponorogo sebagai Posko Pemenangan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2, Senin (2/11).

"Terlapor adalah Sri Wahyuni, selaku anggota DPR RI dapil VII dan Tim Kampanye Palson nomor urut 02, H. Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono," jelas Tatik Sri Wulandari.

Wanita yang juga seorang advokat itu menambahkan, dirnya menyampaikan laporan disertai dengan bukti-bukti berupa foto lokasi rumah aspirasi yang digunakan posko pemenangan. Kemudian, SK Nomor 01/SK-TP/XI/2020 tentang Tim Kampanye H. Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono. 

"Juga kita sertakan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Nomor 1 Tahun 2014," tandasnya.

Tatik menjelasakan dalam Pasal 213 ayat (2) Peraturan DPR RI No 1 Tahun 2014, disebutkan rumah aspirasi didukung oleh anggaran yang dibebankan pada anggaran DPR. Sementara dalam ketentuan Pasal 71 ayat (1) berbunyi pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri, dan kepala desa atau sebutan lain/lurah, dilarang membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

"Terlapor, Sri Wahyuni adalah pejabat negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 122 huruf (c), Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, tentang Aparatur Sipil Negara. Terlapor Sri Wahyuni telah membuat keputusan dalam bentuk mengijinkan rumah aspirasi digunakan sebagai Posko Tim Kampanye Pemenangan Paslon 02. Dengan menggunakan fasilitas rumah aspirasi, sarana dan prasarana alat kelengkapannya sebagai Posko Tim Kampanye Paslon 02, maka Paslon 02 telah diuntungkan," ungkapnya.

"Rumah aspirasi yang digunakan oleh Tim Kampanye Pemenangan Paslon 02, menggunakan anggaran yang bersumber dari anggaran dari DPR," tambahnya.

Untuk itu, Tatik Sri Wulandari berharap dengan berbagai bukti yang telah disampaikan, bawaslu dapat segera menindaklanjuti laporan sesuai dengan mekanisme yang berlalu.

Sementara itu, Mardji Nurcahyo, Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu belum dapat dihubungi. Sedangkan Sulung Muba Rimbawan, Kordiv Hukum, Data dan Informasi mengaku masih belum mengetahui adanya laporan tersebut. (nov/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...