Selasa, 15 Juni 2021 20:12

​PDIP Jatim Latih Tim Cyber Tangkal Serangan Kampanye Hitam di Pilkada 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 18:12 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nanang Fachrurozi
​PDIP Jatim Latih Tim Cyber Tangkal Serangan Kampanye Hitam di Pilkada 2020
DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menggodok tim cyber untuk menangkal berbagai serangan dan kampanye hitam.

BATU, BANGSAONLINE.com - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menggodok tim cyber untuk menangkal berbagai serangan dan kampanye hitam jelang pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang.

Pelatihan tim media cyber dari 19 kabupaten/kota di Jatim yang menghelat pilkada digelar di Wisma Perjuangan PDIP Jatim, Kota Batu, selama tiga hari, mulai Jumat hingga Minggu (23-25/10/2020).

Kepala Badan Pemenangan (BP) Pemilu DPD PDIP Jatim Deni Wicaksono mengatakan, menghadapi Pilkada 2020, pihaknya memadukan kerja pemenangan di darat dan udara. Untuk tim di darat, BP Pemilu PDIP Jatim telah menggodok para manajer kampanye dan berbagai instrumen pemenangan di lapangan.

"Nah, kali ini kami mematangkan skema pemenangan udara. Pasukan siber di 19 kabupaten/kota yang sudah jalan semakin kami mantapkan. Karena serangan dan kampanye hitam menjurus pada hoaks serta fitnah mulai gencar diarahkan kepada calon yang diusung PDI Perjuangan," ujar Deni dalam pelatihan yang dibuka oleh Wakil Ketua PDIP Jatim yang juga Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Minggu (25/10) melalui rilisnya.

BACA JUGA : 

Hasil Survei SSC: PDIP Parpol Paling Nasionalis, PKB Paling Religius

​Musancab PDIP, Bupati Gus Yani Yakin Raih 10 kursi DPRD di Gresik

​Tingkatkan Kompetensi Akademik Anggota, Fraksi PDIP DPRD Jatim Gandeng Untag

​Anggota Fraksi PDIP DPRD Jatim Gelar Aksi Tanam Pohon di Bantaran Kali Ciliwung

Deni mengatakan, serangan serta kampanye hitam yang dilancarkan ke kandidat dari PDIP tak lain karena kandidat dari partai banteng terus menuai simpati dan antusiasme warga.

"Berkat rekam jejak dan ketulusan bekerja untuk warga, banyak kandidat dari PDI Perjuangan terus mendapat dukungan publik. Itu rupanya yang membuat pihak tertentu mencoba menggagalkan kemenangan rakyat melalui PDI Perjuangan. Tugas pasukan udara adalah mengadvokasi hal ini di media sosial," paparnya.

Pesta demokrasi melalui dunia maya, lanjut Deni, harus dibentengi dengan adu program, adu visi, adu data, bukan informasi bohong atau hoaks.

"Kita semua diajarkan oleh Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri untuk tidak membalas serangan bohong dengan serangan bohong. Stay cool. Kesabaran revolusioner dalam perang udara kita wujudkan dengan berjuang melawan hoaks dengan data dan fakta," ujarnya.

Politikus muda itu memotivasi seluruh peserta agar setelah pelatihan segera turun ke lapangan di kabupaten/kotanya masing-masing untuk membantu pemenangan dan mengadvokasi melalui media sosial atau yang disebut perang udara.

Ia berharap seluruh peserta mampu membuat perubahan ketika kembali ke daerahnya masing-masing. "Di antaranya bisa menyampaikan informasi yang benar lewat media sosial terkait banyaknya berita hoaks yang dipublikasikan berulang-ulang," pungkas alumnus Universitas Airlangga Surabaya tersebut. (nf/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...