Senin, 01 Maret 2021 07:45

​Wali Kota Probolinggo Launching Museum Rasulullah Tepat di Hari Santri Nasional

Kamis, 22 Oktober 2020 22:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Sugianto
​Wali Kota Probolinggo Launching Museum Rasulullah Tepat di Hari Santri Nasional
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi sedang memukul gong tanda dibukanya Museum Rasulullah.

PROBOLLINGGO, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin me-launching Museum Probolinggo menjadi Museum Rasulullah, Kamis (22/10). Museum Rasulullah ini menyimpan barang-barang artefak peninggalan milik Nabi Muhammad SAW.

Giat launcing itu sengaja digelar bertepatan dengan Hari Santri Nasional (HSN). “Jadi museum ini tidak hanya menyimpan benda-benda bersejarah saja, tetapi juga menyimpan benda-benda Rasulullah,” tandasnya.

Seperti baju zirah (baju perang) semasa Turki Usmani, pedang Khalid bin Walid, kain Kiswah Kabah semasa Turki Usmani, hingga batu sijjil. Untuk benda peninggalan Rasulullah yaitu darah bekas bekam Nabi Muhammad SAW, rambut dan janggut (jenggot), dan bekas tapak kaki.

“Alhamdulillah, benda-benda peninggalan Nabi Muhammad ini bisa ada di Kota Probolinggo. Ini merupakan sebuah takdir,” ungkapnya.

Habib Hadi menjelaskan, selain museum ini menjadi museum religi di Kota Probolinggo, Museum Rasulullah ini nantinya akan menjadi sebuah museum tingkat internasional. “Sekarang sudah ribuan masyarakat yang hendak melihat benda-benda peninggalan itu,” katanya.

Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat yang hendak berkunjung melihat benda-benda peninggalan Nabi Muhamad SAW itu tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kita tetap menerapkan protokol kesehatan. Pengunjung yang masuk tetap kita batasi,” katanya.

Sebelum me-launching Museum Rasulullah, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menggelar upacara HSN di halaman Pemkot Probolinggo. Upara HSN ini tergolong unik, karena semua peserta upacara memakai sarung berbaju muslim dan kopiah.

“Hari santri kali ini bertema 'Santri Sehat, Indonesia Kuat'. Jadi, peran santri dan pesantren sangat penting dalam upaya pencegahan penyakit, utamanya di masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Usai menggelar upacara, Wali Kota Probolinggo langsung menggelar tasyakuran bersama Forkopimda. Serta melakukan peresmian klinik NU di Jalan Mastrib dan menggelar pengajian tabliq akbar di Gedung Puri Manggala Bhakti Pemkot Probolinggo. (adv/prb1/hen/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah, saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara, karya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...