Kamis, 29 Oktober 2020 18:14

Tips agar Seniman Tetap Kreatif di Tengah Covid-19

Sabtu, 17 Oktober 2020 22:44 WIB
Editor: Redaksi
Tips agar Seniman Tetap Kreatif di Tengah Covid-19
Kang Tisna merampungkan lukisan cepatnya sepanjang acara yang berlangsung selama tiga puluh menit itu.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Perubahan perilaku dengan menerapkan protokol kesehatan terjadi selama masa pandemi, demi memutus mata rantai Covid-19.

Adaptasi kebiasaan baru ini juga memunculkan kreativitas, termasuk seniman yang banyak memanfaatkan kecanggihan teknologi dan juga media terdekat yang mudah dijangkau.

Seperti yang diungkapkan Tisna Sanjaya, pelukis yang juga Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB), yang mengusung seni partisipatif dengan melibatkan keluarga.

Dalam obrolan santai akhir pekan tentang "Kreativitas di Atas Covid-19" di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Sabtu (17/10) pagi, Tisna Sanjaya melalui Zoom memberikan tips agar tetap produktif dan terus berkreasi di tengah pandemi.

Adapun tipsnya sebagai berikut:

Pertama, cintai keseharian karena sangat menarik. Memang, kata pelukis sekaligus seniman yang akrab dipanggil Kang Tisna ini, sepintas seperti sama harinya, tapi sebetulnya berbeda.

Kedua, jadikan setiap perubahan dan perbedaan adalah energi. Setiap keluar rumah bertemu orang sekitar, bersosialisasi, dan bergaul dengan hal-hal unik ataupun rumit harus menjadi spirit.

Ketiga, jadikan setiap perubahan dan pertemuan itu sebagai hal seni yang merupakan bagian dari doa.

Keempat, berpikir positif dan optimistis, karena pandemi ini terjadi di seluruh dunia, bukan hanya di Tanah Air Indonesia saja.

"Jadikan itu semua sebagai seni lewat doa. Seni untuk perubahan. Kalau tidak seperti itu, kita tidak suka cita," ujar Kang Tisna sambil merampungkan lukisan cepatnya sepanjang acara yang berlangsung selama tiga puluh menit itu. 

Sumber: covid19.go.id
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...