Kartu Tani BNI, Jaminan Para Petani Ngawi Dapatkan Pupuk Subsidi

Kartu Tani BNI, Jaminan Para Petani Ngawi Dapatkan Pupuk Subsidi Para petani saat antre pembagian Kartu Tani di Desa Pleset, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Keluhan para petani di wilayah Ngawi pada saat musim tanam terkait kelangkaan mulai tahun 2021 tidak akan terjadi lagi. Pasalnya, kebutuhan akan sudah dijamin melalui Kartu Tani yang dikelola oleh Bank BNI.

Selama ini, para petani di wilayah Ngawi sering mengeluh tentang sulitnya mendapatkan setiap musim tanam tiba. Bahkan, di beberapa desa banyak petani menebus dengan harga yang tinggi melalui pihak ketiga yang sengaja menyediakan pupuk kimia tersebut. 

Seperti yang dikeluhkan Suratmin, salah satu petani di Ngawi. Ia mengaku selama ini selalu kesulitan mendapatkan sewaktu musim tanam tiba.

"Setiap memasuki musim tanam, kita selalu kesulitan mendapatkan . Akhirnya, kita memakai pupuk nonsubsidi dengan harga yang tinggi," jelas Suratmin kepada BANGSAONLINE.com.

Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi Eka Sri Rahayu mengatakan bahwa sebanyak 114.768 petani yang telah terdata di wilayah Ngawi akan mendapatkan yang telah dicanangkan oleh Presiden RI sejak 2017 lalu. 

Manfaat tersebut salah satunya bisa digunakan untuk menebus sesuai kebutuhan. "Sebenarnya program sudah dicanangkan oleh Presiden semenjak 2017. Sekarang ini kita akan mengaktifkan sesuai data petani kita," terang Eka Sri Rahayu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO