Jumat, 23 Oktober 2020 12:27

​Evaluasi Penanganan Corona, Pansus Gelar Rapat dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan

Kamis, 24 September 2020 19:27 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Habibi
​Evaluasi Penanganan Corona, Pansus Gelar Rapat dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan
Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Pasuruan kembali menggelar rapat kerja dengan tim satuan tugas (satgas) di Gedung DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (24/9/2020). (foto: ist).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Pasuruan kembali menggelar rapat kerja dengan Tim Satuan Tugas (Satgas) di Gedung DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (24/9/2020).

Dalam rapat yang kesekian kalinya itu, Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf yang juga komandan satgas kembali tidak hadir dan diwakili oleh Sekretaris Satgas Anang Syaiful Wijaya yang juga menjabat sebagai Sekda Kabupaten Pasuruan, serta beberapa OPD terkait.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Pasuruan, Anang Syaiful Wijaya menjelaskan beberapa langkah pencegahan Covid-19, yang sampai saat ini belum ada obatnya. Sedangkan kasusnya semakin meluas, dan jumlah pasien positif mengalami kenaikan.

"Pihak pemkab sendiri sudah melakukan konsultasi kepada para ahli di bidang kesehatan yang intinya,   apa langkah yang harus dilakukan agar kasus Covid-19 di Pasuruan bisa masuk zona oranye," ujarnya.

Mantan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra itu menjelaskan, sesuai data dari Pemprov Jatim, Kabupaten Pasuruan termasuk dalam 4 kabupaten/kota se-Jawa Timur yang masuk zona merah.

"Artinya, penyebaran Covid-19 tidak terkendali, maka upaya/ikhtiar yang dilakukan dengan melakukan pengetatan protokol kesehatan bagi masyarakat melalui penerbitan SE (Surat Edaran) Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan tertanggal 21 September 2020 Nomor 360/22/COVID-19/IX/2020," jelasnya.

"Langkah ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mendisiplinkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan," sambungnya.

Ia menerangkan, dalam SE disebutkan tentang pemberlakuan beberapa SOP (Standar Operasional Prosedur) terkait hajatan, pentas musik, seni, dan budaya, penyelenggaraan TPQ dan Madin, juga kegiatan keagamaan lainnya di Kabupaten Pasuruan.

"Tujuannya untuk memonitor penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pasuruan sekaligus ditargetkan mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secepatnya," tukasnya. (bib/par/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Jumat, 23 Oktober 2020 10:38 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...