Sosialisasi Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja, Yahya Zaini: GenRe Harus Punya Koperasi

Sosialisasi Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja, Yahya Zaini: GenRe Harus Punya Koperasi Anggota DPR RI, Yahya Zaini secara simbolis memberikan bantuan sembako ke Anggota GenRe Nganjuk. (foto: ist).

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Kegiatan Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Tahun 2020, menghadirkan Anggota Komisi IX M. Yahya Zaini, Kabid Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Jatim Sukamto, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Widyasti Sidhartini.

Yahya Zaini mengatakan, tugas GenRe (Generasi Berencana) sebagai duta sangat penting karena bertugas untuk ikut membantu dalam merencanakan berbagai program, di antaranya perencanaan masa depan, merencanakan perkawinan, pendidikan, dan pekerjaan.

"Nah yang saya tekankan di sini bagaimana mereka memiliki pendidikan keterampilan. Sebab itu penting untuk bekal bekerja dan berumah tangga nantinya," kata Yahya kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (19/9/2020).

"Jangan sampai nanti mereka menikah belum ada pekerjaan, maka di sini perlu adanya duta GenRe untuk dipersiapkan menjadi generasi tangguh. Saya ingatkan ada tiga yang perlu dicermati dalam kehidupan sehat berencana," terangnya.

Tiga hal hidup sehat berencana itu, yakni sehat secara fisik, sehat mental spiritual, dan sehat secara ekonomi. "Di sinilah duta GenRe ini harus diberikan bekal keterampilan yang cukup, agar sebagai bekal hidup secara mandiri. Karena saat ini tantangan generasi muda sangat berat, apalagi dalam kondisi pandemi saat ini. Jika mereka tidak ada keterampilan memadai maka akan kalah bersaing," katanya.

"Saya sudah sampaikan kepada Kadis PPKB, agar GenRe memiliki badan usaha seperti koperasi. Tujuannya, agar mereka bisa mendapatkan manfaat dari usaha yang sudah dimiliki, dan nantinya mereka bisa menjual melalui koperasi yang didirikan," ujar Yahya Zaini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nganjuk, Widyasti Sidhartini menjelaskan bahwa GenRe merupakan wadah bagi mereka untuk berinovasi, dari hasil pelatihan yang sudah dipelajarinya.

"Saya telah memberikan bekal pelatihan, setidaknya untuk merencanakan keluarga yang tangguh," ujarnya. (bam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Jelang Lebaran, Pemkab Nganjuk Gelar Gerakan Pangan Murah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO