Senin, 21 September 2020 09:38

​Plt. Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan Ikuti Sosialisasi Protkes dari Mendagri

Selasa, 11 Agustus 2020 18:44 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ardianzah
​Plt. Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan Ikuti Sosialisasi Protkes dari Mendagri
Plt. Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat, S.E., S.Sos., M.M. (foto: ist).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperkuat sosialisasi mengenai penggunaan masker, cuci tangan, serta jaga jarak untuk perubahan perilaku baru di masa pandemi Covid-19, Mendagri Muhammad Tito Karnavian bersama Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, dan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Tri Tito Karnavian menggelar rapat sekaligus memberikan arahan kepada seluruh gubernur, bupati, wali kota, Ketua TP PKK provinsi/kabupaten/kota, dan Kepala BPBD provinsi se-Indonesia melalui video conference (vidcon).

Dalam kesempatan ini, Plt. Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat beserta Ibu yang mewakili Plt. Wali Kota Pasuruan, dan ibu selaku Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan mengikuti rapat tersebut melalui vidcon di Ruang MCC Pemerintah Kota Pasuruan, Senin (10/8/2020).

Dalam rapat tersebut, Mendagri menyampaikan tentang topik yang dibahas, salah satunya terkait sosialisasi tentang protokol kesehatan (protkes) Covid-19.

Pertama adalah masalah sosialisasi dan diseminasi secara lebih masif (tentang) protokol kesehatan terkait dengan masalah Covid-19 serta sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan, dan jaga jarak untuk perubahan perilaku baru masa pandemi Covid-19.

"Selain itu, Presiden mengingatkan, Mendagri telah mengeluarkan Instruksi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019. Oleh karena itu, kepala daerah agar melakukan sosialisasi yang lebih intensif," tegas Tito Karnavian.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden, Mendagri meminta para kepala daerah untuk benar-benar all out. Keterlibatan pemerintah daerah dalam menanggulangi Covid-19, benar-benar dibutuhkan. Karena konsep desentralisasi jelas mendistribusikan kewenangan bagi pemerintah pusat dan daerah.

"Mesin pusat all out itu baru 50 persen, maka mesin daerah juga 548 daerah perlu juga all out. Oleh karena itu, perlu ada sinergi dan keserempakan langkah pusat dan daerah. Selain struktur formal, diharapkan juga agar struktur-struktur informal dilibatkan dalam sosialisasi mengenai protokol kesehatan," jelasnya.

"Kita bergerak dengan struktur formal maupun juga struktur informal di antaranya adalah Tim Penggerak PKK yang telah diminta secara eksplisit oleh Presiden RI untuk bisa terlibat dalam rangka sosialisasi ini," tukasnya. (ard/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...