Kamis, 01 Oktober 2020 11:49

DPRD Jatim Usulkan Pendirian BPOM di Tingkat Kabupaten/Kota

Senin, 10 Agustus 2020 22:40 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
DPRD Jatim Usulkan Pendirian BPOM di Tingkat Kabupaten/Kota
Ir. Artono, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi E DPRD Jawa Timur mengusulkan agar Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) juga didirikan di tingkat kota atau kabupaten yang ada di Jatim. Sebab selama ini BPOM hanya ada di Surabaya.

Pendirian BPOM di tingkat kabupaten/kota itu, untuk mempermudah proses izin bagi para pelaku obat tradisional yang berada di daerah. Usulan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Artono.

“Keberadaan BPOM ini juga nantinya juga sebagai upaya untuk penegakan Perda tentang jamu tradisional yang sedang kami godok saat ini,” ujar Artono di ruang komisi E, Senin (10/8).

Politikus PKS ini mengatakan, selama ini banyak pengusaha jamu di daerah mengeluh proses perizinan di BPOM terlalu tersentral di Surabaya.

“Mereka yang ada di Banyuwangi atau yang lokasinya jauh, mengeluh harus ke Surabaya untuk mengurus perizinan tersebut. Harus bolak-balik daerah asal ke Surabaya untuk mengurus perizinannya,” tutur pria asal Lumajang tersebut.

Artono menambahkan, pada prinsipnya pihak BPOM di Surabaya tak keberatan untuk dibuat BPOM di tingkat kabupaten/kota di Jatim, asalkan ada ketersediaan tempat untuk pendiriannya.

“Aset bangunan fisik milik Pemprov Jatim tersebar di seluruh Jatim. Saya kira bisa dipinjamkan untuk realisasi keberadaan BPOM di tingkat kabupaten atau kota di Jatim,“ pungkas politikus berlatar pengusaha ini.

Seperti diketahui, Komisi E DPRD Jawa Timur terus mematangkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) perlindungan obat tradisional. Raperda ini nantinya untuk melindungi obat tradisional yang bercampur dengan kimia. Raperda ini merupakan raperda inisiasi dari Komisi E, karena banyak masyarakat yang mengeluh ada beberapa obat tradisional yang beredar di luar mengandung bahan kimia yang tidak sesuai dengan BPOM sehingga membahayakan bagi kesehatan. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...